Wed. Jun 19th, 2019

Sepanjang Oktober 2018, Tingkat Isian Penumpang SIA Group 81,9%

Sepanjang Oktober 2018, tingkat isian penumpang (passenger load factor/PLF) Singapore Airlines (SIA) Group meningkat sebesar 1,1 poin, sehingga persentasenya menjadi 81,9%.

Dari data yang dikeluarkan SIA Group hari ini (Senin, 19/11/2018), sistem angkutan penumpang (tiap kilometer) mengalami kenaikan sebesar 7,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini melebihi pertumbuhan kapasitas (berdasarkan kilometer kursi yang tersedia) sebesar 5,7%.

Secara parsial disebutkan, tingkat isian penumpang Singapore Airlines meningkat sebesar 2,5 poin menjadi 82,7%. Sistem angkutan penumpang meningkat sebesar 6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan berbanding terbalik dengan peningkatan kapasitas sebesar 2,9%.

Tingkat isian penumpang meningkat pada seluruh wilayah kecuali daerah Pasifik Barat Daya yang mencatat penurunan secara year-on-year. RASK (pendapatan dari ketersediaan kursi tiap kilometer) meningkat secara positif dan diharapkan untuk tetap bertahan.

Sistem angkutan penumpang SilkAir mengalami peningkatan sebesar 5,5%, lebih tinggi dari pertumbuhan kapasistas sebesar 3,9%. Hal tersebut menyebabkan tingkat isian penumpang juga mengalami peningkatan sebesar 1,1 poin menjadi 74,9%. Tingkat isian penumpang meningkat di wilayah Asia Barat, Asia Tenggara, dan Australia.

Scoot mencatat pertumbuhan pada sistem angkutan penumpang sebesar 12,3% dibandingkan dengan ekspansi kapasitas sebesar 18,5%. Hal ini menyebabkan tingkat isian penumpang mengalami penurunan sebesar 4,5 poin menjadi 81,3%.

Tingkat isian penumpang Scoot meningkat di wilayah Asia Barat. Sedangkan wilayah Asia Timur dan kawasan lainnya di dunia mencatat penurunan tingkat isian penumpang, dikarenakan tingkat lalu lintas penerbangan tidak sebanding dengan peningkatan kapasitas.

Sementara kapasitas kargo menurun sebesar 0,6%, sedangkan lalu lintas kargo (dalam kilometer-ton-angkutan) menurun sebesar 0,3%. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan tingkat isian kargo sebesar 0,2 poin pada persentase.

Tingkat isian kargo meningkat di seluruh wilayah Eropa, Asia Barat, dan Afrika, sedangkan di wilayah lainnya mengalami penurunan dikarenakan adanya permintaan yang tidak sebanding perubahan kapasitas.

Baca juga ini ya...