Relief

mentor

Relief, seni ukir yang dipahat pada dinding candi, menjadi ciri khas yang menonjol dari Candi Borobudur. Keindahan dan detail ukiran-ukiran ini telah memukau pengunjung selama berabad-abad.

Relief-relief di Candi Borobudur tidak hanya sekadar hiasan, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan ajaran Buddha. Melalui gambar dan simbol, relief-relief ini menceritakan kisah perjalanan spiritual Buddha dan mengajarkan prinsip-prinsip agama Buddha.

Bentuk Kesenian Ukir di Candi Borobudur

Pilihan Jawaban

  • A. Patung
  • B. Arca
  • C. Relief
  • D. Gerabah

Pembahasan dan Penjelasan Jawaban

Jawaban yang paling tepat adalah **C. Relief**. Relief adalah seni ukir yang dipahat pada permukaan dua dimensi, seperti dinding atau batu.

Sementara patung (A) dan arca (B) adalah bentuk seni tiga dimensi, dan gerabah (D) adalah seni membuat benda dari tanah liat, relief merupakan bentuk seni yang paling sesuai dengan deskripsi ukiran pada dinding Candi Borobudur.

Candi

Relief

Candi adalah bangunan keagamaan yang umum ditemukan dalam agama Hindu dan Buddha. Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha terbesar di dunia, dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Ukir

Ukir adalah seni menciptakan gambar atau bentuk pada permukaan dengan memahat atau mengukir bahan keras, seperti batu atau kayu. Seni ukir telah digunakan selama berabad-abad untuk menghias bangunan, benda, dan karya seni lainnya.

Relief

Relief adalah seni ukir yang dibuat pada permukaan dua dimensi. Relief dapat memiliki berbagai kedalaman, dari dangkal hingga tinggi, dan dapat menggambarkan berbagai subjek, dari figuratif hingga abstrak.

Patung

Patung adalah karya seni tiga dimensi yang biasanya terbuat dari batu, logam, atau kayu. Patung menggambarkan figur manusia atau hewan, dan dapat berdiri sendiri atau menjadi bagian dari struktur yang lebih besar.

Baca Juga :  Taklukkan Soal Nomor Bahasa Inggris dengan Strategi Jitu dari Khoiri.com

Arca

Arca adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan patung atau figur yang dipahat dari batu. Arca sering kali memiliki makna religius atau simbolis, dan dapat ditemukan di kuil, candi, dan tempat suci lainnya.

Kesimpulan

Relief terbaru

Relief di Candi Borobudur adalah contoh luar biasa dari kesenian ukir yang telah bertahan selama berabad-abad. Relief-relief ini tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga memiliki makna religius yang mendalam, menyampaikan ajaran Buddha kepada pengunjung candi.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags