Sun. Apr 21st, 2019

MRT Jakarta Akan Diresmikan Pagi Ini

MRT Jakarta. Sumbe gambar: thejakartapost.com.

MRT Jakarta sebagai moda raya terpadu dengan rute Bundaran HI – Lebak Bulus akan diresmikan operasionalnya hari ini (Minggu, 24/3/2019).

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan menjelaskan, semua hal telah dipersiapkan operator MRT Jakarta mulai dari fasilitas di stasiun, fasilitas di dalam kereta, hingga moda yang terintegrasi dengan MRT.

“Stasiun MRT telah ditata sangat baik, nyaman untuk masyarakat termasuk bagi saudara kita kaum disabilitas. Belum lagi MRT ini juga akan terkoneksi dengan Bus Trans Jakarta termasuk dengan angkutan berbasis aplikasi daring yang telah disediakan area khusus drop off maupun pick up-nya,” kata Hengki, Sabtu (23/3/2019).

Pemerintah berharap dengan dioperasikannya MRT Jakarta dengan jalur sepanjang 15,7 kilometer ini dapat menjadi momentum perubahan budaya bertransportasi masyarakat dari angkutan pribadi ke angkutan massal.

Dipaparkan Hengki, selain dapat menekan angka kemacetan lalu lintas di ibu kota, MRT Jakarta juga dapat mendukung langkah Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan rasio penggunaan transportasi umum, khususnya di Jabodetabek sebesar 60% dari total pergerakan orang di Jabodetabek pada 2029.

“Rasio penggunaan transportasi umum di Jabodetabek pada 2018 telah mencapai 29,9% dari total pergerakan orang. Angka tersebut mencapai hampir setengah dari target,” ujarnya.

Rencananya tujuh rangkaian kereta MRT Jakarta yang ada saat ini akan mulai beroperasi pada pukul 05.30 hingga 22.30 WIB dengan jarak antar kereta (headway) 10 menit.

“Nantinya MRT akan mengupayakan headway 5 menit dengan 14 rangkaian kereta pada bulan Juni 2019,” sambungnya.

Baca juga ini ya...