Menjelajah Pulau Rote, Pulau Paling Selatan di Indonesia




Sebuah pantai di sisi selatan Pulau Rote. Foto: RMS.

Pergi ke Pulau Rote bukan sebuah hal yang mudah dilakukan dari Jakarta. Pulau ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Menggunakan transportasi udara dari Jakarta, kita harus terlebih dahulu singgah dan bermalam di Kupang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Rote esok paginya. Dari Kupang, Rote hanya sekitar 2 jam perjalanan lewat laut menyeberang selat Pukuafu menggunakan kapal cepat.

Perjalanan menyeberang selat Pukuafu bukanlah hal yang menyenangkan bagi orang-orang yang sering mabuk laut, terlebih ketika gelombang laut Pukuafu sedang mengamuk. Kapal-kapal pun terkadang enggan berangkat jika gelombang Pukuafu sedang tinggi.

Di Rote sendiri sebetulnya banyak lokasi-lokasi alam yang menarik. Menjelajahinya dalam waktu satu-dua hari sebetulnya tidak cukup memuaskan. Di Rote, pemandangan indah ada di utara hingga selatan, timut hingga barat. Cara terbaik menjelajahinya adalah menggunakan sepeda motor. Selain sewanya relatif murah, kita juga bisa menjelajah hingga ke pelosok. Namun sebaiknya, ajaklah guide setempat untuk menjelajah Rote demi sebuah penjelajahan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Perajin topi khas Rote, Tii Langga. Foto: RMS.
Perajin topi khas Rote, Tii Langga. Foto: RMS.

 

Keindahan senja di pantai Nemberala, Rote. Foto: RMS.
Keindahan senja di pantai Nemberala, Rote. Foto: RMS.

 

Musim kering di Rote. Foto: RMS.
Musim kering di Rote. Foto: RMS.