Kemenhub Minta ICAO, FAA dan Uni Eropa Bantu Proses Audit Maskapai




Ramp Check terhadap seluruh operasional penerbangan di Indonesia oleh Kementerian Perhubungan. Foto: Dok. Humas DJPU.
Ramp Check terhadap seluruh operasional penerbangan di Indonesia oleh Kementerian Perhubungan. Foto: Dok. Humas DJPU.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan tiga lembaga penerbangan Internasional membantu proses audit maskapai nasional. Hal itu dikatakan Budi saat meninjau langsung proses ramp check yang dilaksanakan Ditjen Perhubungan Udara terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Lion Air di Terminal 1 Bandara Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (4/11/2018) pagi,

Budi juga menerangkan bahwa pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini telah berkomunikasi dengan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), Otoritas Penerbangan Sipil AS (FAA) dan Uni Eropa untuk berkoordinasi membantu proses audit yang sedang dilakukan.

Lembaga-lembaga penerbangan internasional tersebut juga diminta untuk mengevaluasi apa saja perbaikan yang harus dilakukan pemerintah.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan lembaga Uni Eropa, ICAO, dan FAA. Beberapa staf dari lembaga-lembaga itu ada di Indonesia,” kata Budi.

Budi mengatakan bahwa ia minta para pejabat, baik di Kementerian maupun operator untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan lembaga-lembaga tersebut.

“(Hal itu dilakukan) agar audit yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu diteruskan dengan improvement apa yang harus dilakukan saat ini,” jelasnya.

Koordinasi dengan semua stakeholder terkait ini dilakukan Kementerian Perhubungan untuk memastikan kelaikan dari seluruh bandar udara dan maskapai di Indonesia terjaga dengan baik.

“Kami melakukan suatu koordinasi dengan semua unsur. Unsur operator bandara, operator navigasi, otoritas bandara dan juga beberapa operator airlines (terkait) untuk memastikan bahwa Kemenhub konsisten memastikan bahwa kelaikan udara dari semua bandara-bandara di Indonesia itu terjaga dengan baik,” tutup Budi.

Saat meninjau ramp check, Budi juga menyampaikan akan lebih meningkatkan intensivitas pelaksanaan ramp check pesawat di seluruh maskapai penerbangan.




Ayo baca ini juga….