Hotel Kapsul Dibuka dengan Promo Diskon 50 Persen




Begini suasana ruang kapsul di Digital Airport Hotel dengan berbagai fasilitas digital, termasuk TV 22 inci yang menayangkan tayangan dari 50 saluran. Foto: Reni Rohmawati

Sampai akhir Agustus 2018, Digital Airport Hotel di Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, memberikan diskon tarif menginap 50 persen lebih. Hotel kapsul ini mulai dibuka sekaligus diresmikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin pada Jumat (10/8/2018).

“Diskon 50 persen diberikan dalam rangka ulang tahun Angkasa Pura II ke-34 pada 13 Agustus ini, juga menyambut Hari Kemerdekaan dan penyelenggaraan Asian Games 2018,” kata Awaluddin, usai meresmikan Digital Airport Hotel tersebut.

Ada dua tipe hotel kapsul yang bertema Space-Ship bergaya futuristik, yakni tipe Alpha dan Beta. Ukuran kedua tipe nyaris sama. Pembedanya, kalau tipe Alpha TV-nya berukuran 22 inci dan mendapat mini portable table, sedangkan tipe Beta dengan TV berukuran 32 inci tanpa mini portable table.

Tarif inap untuk kedua tipe itu sama, dengan publish rate Rp 375.000 per malam atau Rp 250.000 per enam jam. Ruang kapsulnya hanya untuk satu orang atau berdua dengan anak di bawah usia lima tahun. Dengan adanya diskon itu, kata Awaluddin, tarif satu ruang kapsul untuk satu hari Rp175.000.

Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang menjelaskan, hotel yang berada di lantai 1 area kedatangan itu memiliki 120 ruang kapsul, yang masing-masing dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti access card, TV cable, dua USB charging port, juga tempat tidur dengan bantal dan selimut. “Ada kurang lebih 50 channel TV cable di setiap kapsul, free wifi, dan USB charger port,” katanya.

Untuk keperluan mandi cuci kakus, disediakan area shower dengan air panas dan dingin di luar area kapsul, yang digunakan secara bersama atau berbagi. Disediakan pula loker dengan ukuran yang cukup untuk menyimpan barang tentengan di kabin pesawat. Di loker ini tersedia peralatan mandi, yakni 2 in 1 body shampoo, dental kit, handuk, dan slipper. Sementara di dalam kapsul disediakan pula satu botol air mineral.

Menurut Presiden Direktur PT Krisna Graha Pratama, Rudy Josano, yang mengusahakan hotel kapsul itu, hotel dibangun sekitar 90 hari dengan investasi Rp 5-6 miliar. Pembukaannya bertepatan dengan mulai berdatangannya peserta dan official Asian Games 2018. “Ini hotel digital pertama dan baru satu yang kami bangun di bandara,” katanya.

Awaluddin mengatakan, AP II memang hanya menyediakan area untuk hotel kapsul tersebut. Sebelumnya, area ini adalah ruang kantor yang kurang berfungsi. Dengan adanya hotel, ruangan menjadi lebih bermanfaat. “Sebagai bandara internasional, Soekarno-Hatta harus bisa memberikan layanan untuk berbagai kebutuhan pengguna jasanya. Maka setiap titik area bandara bisa difungsikan dengan lebih bernilai,” tuturnya.

Awaluddin menambahkan, di bandara lain yang dikelola AP II, seperti di Pekanbaru dan Palembang, pun bisa dibangun fasilitas hotel yang sama asal dilakukan dulu kajian yang menyeluruh dan konprehensif. Hotel kapsul seperti ini memang menjadi pilihan bagi penumpang pesawat yang mencari tempat istirahat yang praktis tapi nyaman ketika transit dan menunggu penerbangan selanjutnya.