**Mikrometer Sekrup**

mentor

## **Mikrometer Sekrup: Alat Ukur Presisi untuk Mengukur Diameter Kelereng**

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur diameter benda dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat ini sangat penting dalam berbagai bidang industri, termasuk manufaktur, teknik, dan penelitian ilmiah. Mikrometer sekrup memiliki dua rahang berbentuk U yang dapat digerakkan satu sama lain, dengan skala utama dan skala nonius untuk pembacaan yang akurat.

Mikrometer sekrup bekerja berdasarkan prinsip sekrup. Saat gagang putar diputar, rahang bergerak pada jarak yang sama dengan pitch sekrup. Pitch adalah jarak antara dua ulir yang berdekatan pada sekrup. Skala utama pada mikrometer sekrup dibagi menjadi milimeter (mm), sedangkan skala nonius dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, biasanya 0,01 mm.

## **Hasil Pengukuran Diameter Kelereng**

### Pilihan Jawaban Diameter Kelereng

Untuk mengukur diameter kelereng menggunakan mikrometer sekrup, berikut adalah pilihan jawaban yang mungkin:

– A. 4,78 mm
– B. 5,28 mm
– C. 5,70 mm
– D. 9,28 mm
– E. 8,50 mm

### Jawaban yang Paling Benar

Berdasarkan pembacaan mikrometer sekrup, jawaban yang paling benar adalah **B. 5,28 mm**.

## **Pembahasan dan Penjelasan Jawaban**

### Jawaban A. 4,78 mm

Pembacaan skala utama menunjukkan 5 mm, sedangkan pembacaan skala nonius menunjukkan 0,28 mm. Oleh karena itu, diameter kelereng adalah 5 mm + 0,28 mm = 4,78 mm.

### Jawaban B. 5,28 mm

Pembacaan skala utama menunjukkan 5 mm, sedangkan pembacaan skala nonius menunjukkan 0,28 mm. Oleh karena itu, diameter kelereng adalah 5 mm + 0,28 mm = 5,28 mm.

### Jawaban C. 5,70 mm

Pembacaan skala utama menunjukkan 5 mm, sedangkan pembacaan skala nonius menunjukkan 0,70 mm. Oleh karena itu, diameter kelereng adalah 5 mm + 0,70 mm = 5,70 mm.

Baca Juga :  Bit

### Jawaban D. 9,28 mm

Pembacaan skala utama menunjukkan 9 mm, sedangkan pembacaan skala nonius menunjukkan 0,28 mm. Oleh karena itu, diameter kelereng adalah 9 mm + 0,28 mm = 9,28 mm.

### Jawaban E. 8,50 mm

Pembacaan skala utama menunjukkan 8 mm, sedangkan pembacaan skala nonius menunjukkan 0,50 mm. Oleh karena itu, diameter kelereng adalah 8 mm + 0,50 mm = 8,50 mm.

## **Penentuan Jawaban Benar**

Berdasarkan pembacaan mikrometer sekrup, jawaban yang paling benar adalah **B. 5,28 mm**. Hal ini karena pembacaan skala utama dan skala nonius konsisten dan menghasilkan nilai yang sesuai dengan diameter kelereng yang sebenarnya.

## **Kesimpulan**

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur presisi yang dapat digunakan untuk mengukur diameter kelereng dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan memahami prinsip kerja dan cara pembacaan mikrometer sekrup, kita dapat memperoleh hasil pengukuran yang akurat dan andal.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags