Fungsi Perihal Surat Lamaran Pekerjaan

mentor

Saat melamar pekerjaan, surat lamaran merupakan salah satu komponen penting yang harus dibuat dengan baik. Salah satu aspek penting dalam surat lamaran adalah perihal, yang memiliki fungsi krusial dalam proses pengiriman dan pengarsipan surat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, serta memberikan panduan lengkap untuk menulis perihal yang efektif. Mari kita simak bersama!

Fungsi Perihal dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Perihal dalam surat lamaran memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:

Petunjuk bagi Petugas Surat Pencatatan

Perihal berfungsi sebagai penanda bagi petugas surat untuk mencatat dan mengklasifikasikan surat dengan cepat dan akurat. Perihal yang jelas dan ringkas akan memudahkan petugas dalam mengidentifikasi isi surat dan mengarsipkannya sesuai dengan kategori yang tepat.

Petunjuk Intisari Surat

Perihal juga memberikan petunjuk bagi pembaca tentang intisari surat. Dengan membaca perihal, pembaca dapat memperoleh gambaran umum tentang tujuan dan isi surat tanpa harus membaca keseluruhan surat. Ini sangat membantu dalam proses seleksi awal lamaran pekerjaan.

Petunjuk bagi Petugas Pengarsipan

Perihal membantu petugas pengarsipan dalam mengelola dan menyimpan surat secara sistematis. Perihal yang jelas dan informatif akan memudahkan petugas dalam menemukan kembali surat yang dibutuhkan di kemudian hari.

Referensi

Perihal dapat berfungsi sebagai referensi bagi pengirim dan penerima surat. Jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam surat, perihal dapat digunakan untuk mengidentifikasi surat yang dimaksud dengan mudah.

Penulisan Perihal yang Efektif

Dalam menulis perihal untuk surat lamaran pekerjaan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Baca Juga :  Kejatuhan Malaka

* **Singkat dan Jelas:** Perihal harus singkat, padat, dan jelas, tidak lebih dari 10 kata.
* **Menyatakan Tujuan Surat:** Perihal harus menyatakan tujuan utama dari surat lamaran, yaitu melamar posisi tertentu di perusahaan.
* **Mencantumkan Nama Posisi:** Sebutkan nama posisi yang dilamar secara spesifik dalam perihal.
* **Gunakan Kata Kunci:** Masukkan kata kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar, sehingga surat dapat dengan mudah ditemukan melalui pencarian.
* **Hindari Penggunaan Akronim:** Hindari menggunakan akronim atau singkatan yang tidak umum dikenal, karena dapat membingungkan pembaca.

Contoh Perihal Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa contoh perihal yang efektif untuk surat lamaran pekerjaan:

* **Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Manajer Operasional**
* **Permohonan Posisi Desainer Grafis**
* **Ketertarikan pada Lowongan Pekerjaan sebagai Akuntan**
* **Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Spesialis Pemasaran**
* **Permintaan Pertimbangan untuk Posisi Pengembang Web**

Kesimpulan

Perihal dalam surat lamaran pekerjaan memiliki fungsi penting dalam proses pengiriman, pengarsipan, dan referensi surat. Dengan menulis perihal yang efektif, pelamar dapat memudahkan petugas surat, pembaca, dan petugas pengarsipan dalam mengelola dan menemukan surat lamaran mereka dengan cepat dan akurat. Oleh karena itu, pastikan untuk menulis perihal yang singkat, jelas, dan informatif agar surat lamaran Anda dapat menonjol di antara yang lainnya.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags