** Surat Lamaran

mentor

Menulis surat lamaran yang efektif sangat penting untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda sertakan dalam surat lamaran Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Saat melamar pekerjaan, Anda mungkin merasa ingin memberikan informasi selengkap mungkin tentang diri Anda. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda sertakan dalam surat lamaran Anda. Hal-hal ini tidak hanya dapat dianggap tidak profesional, tetapi juga dapat mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Hal yang Tidak Perlu Dicantumkan dalam Surat Lamaran

Informasi Pribadi yang Tidak Relevan

Hindari menyertakan informasi pribadi yang tidak relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini termasuk informasi seperti:

  • Nama Pelamar
  • Jenis Kelamin Pelamar
  • Tinggal Pelamar
  • Cita-cita Pelamar

Informasi Pendidikan yang Tidak Relevan

Hanya sertakan informasi pendidikan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda memiliki gelar atau sertifikasi yang tidak terkait dengan pekerjaan, sebaiknya jangan sertakan.

Pengalaman Kerja yang Tidak Relevan

Sertakan hanya pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda memiliki pengalaman kerja yang tidak terkait, sebaiknya jangan sertakan.

Isi Surat Lamaran

Surat lamaran yang baik harus mencakup beberapa elemen penting, yaitu:

  • Paragraf pembuka yang menyatakan tujuan Anda melamar pekerjaan tersebut.
  • Paragraf tengah yang menguraikan keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan tersebut.
  • Paragraf penutup yang menyatakan kembali minat Anda pada pekerjaan tersebut dan menyatakan kesediaan Anda untuk dihubungi.
Baca Juga :  Kupas Tuntas Unsur-Unsur Seni Rupa

Persyaratan Surat Lamaran

Selain hal-hal yang tidak boleh disertakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh surat lamaran Anda:

  • Ditulis dengan jelas dan ringkas.
  • Bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Diketik pada kertas berkualitas baik.
  • Ditandatangani oleh Anda.

Lamaran Kerja

Lamaran kerja adalah dokumen penting yang dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Dengan mengikuti tips yang diuraikan di atas, Anda dapat menulis surat lamaran yang efektif dan profesional.

CV dan Resume

Selain surat lamaran, Anda juga perlu menyertakan CV atau resume saat melamar pekerjaan. CV adalah dokumen yang lebih panjang yang merinci seluruh riwayat pekerjaan dan pendidikan Anda. Resume adalah dokumen yang lebih pendek yang menyoroti keterampilan dan pengalaman Anda yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Kesimpulan

Surat lamaran yang efektif dapat menjadi kunci untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Dengan menghindari kesalahan umum yang diuraikan di atas, Anda dapat menulis surat lamaran yang profesional dan mengesankan.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags