Sat. Jul 20th, 2019

Garuda Indonesia Segera Rilis Aplikasi untuk Carter Pesawat

Deretan armada pesawat Garuda Indonesia di apron Hanggar GMF AeroAsia. Sumber gambar: Ery.

Maskapai Garuda Indonesia segera meluncurkan aplikasi Avia Mall, charter flights dan leasing pesawat untuk melayani masyarakat yang memerlukan jasa layanan penerbangan tak berjadwal ataupun taxi udara.

Aplikasi ini rencananya akan diluncurkan akhir bulan Mei 2019. Secara konsep, aplikasi ini akan mempertemukan para pemilik pesawat dengan masyarakat yang membutuhkan jasa penerbangan carter.

Direktur Kargo dan Pengembangan Bisnis Garuda Indonesia, Mohammad Iqbal mengatakan, saat ini banyak pemilik yang memilih memarkirkan pesawat mereka ketika tidak digunakan. Dengan platform ini, para pemilik tersebut bisa menyewakan pesawatnya sehingga bisa lebih memiliki nilai ekonomi.

“Kemudian melalui aplikasi ini pula, nantinya masyarakat yang memerlukan charter flights bisa menggunakan aplikasi ini, semudah memesan ojek online,” terang Iqbal dalam keterangannya resminya, Rabu (15/5/2019).

Selain pesawat carter penumpang, masyarakat juga bisa memesan ambulance udara, baik jenis pesawat sayap tetap maupun helikopter untuk membawa pasien ke penyedia layanan kesehatan yang diinginkan.

Iqbal menuturkan, melalui aplikasi ini masyarakat bisa lebih leluasa memilih berbagai jenis pesawat dan layanan yang diberikan. Selain itu, ada juga perbandingan harga sewa dari pesawat-pesawat yang ada sehingga bisa disesuaikan dengan kantong konsumen.

“Seperti ingin bepergian beramai-ramai dengan teman, akan lebih efisien dan mudah jika mencarter pesawat. Bahkan ada yang lebih murah dari membeli tiket pesawat untuk tujuan tertentu,” imbuhnya.

Selain untuk charter flights aplikasi ini juga akan menjadi marketplace untuk suku cadang dan MRO (perawatan pesawat).

Potensi pasar penerbangan carter di Indonesia cukup besar, akan tetapi belum tergarap dengan maksimal. Melalui platform yang akan diluncurkan ini, Garuda Indonesia berusaha menggarap pasar penerbangan carter dengan menyediakan platform yang mempertemukan pemilik pesawat dengan konsumen.

Iqbal menyebutkan potensi pasar penerbangan carter bisa menyamai pangsa pasar penerbangan berjadwal yang dilayani berbagai maskapai penerbangan.

“Kami optimistis layanan ini akan mendapatkan respon positif dari masyarakat pengguna jasa penerbangan,” tandasnya.

Baca juga ini ya...