Mon. Mar 25th, 2019

Jalur Kereta Api Cianjur-Ciranjang Akan Diuji Coba

Ilustrasi jalur kereta. Sumber gambar: RailPictures.Net

Jalur Kereta Api (KA) Cianjur-Ciranjang, Jawa Barat, akan segera dilakukan diuji coba. Namun sebelum uji coba, jalur ini akan direaktivasi sebelum mulai beroperasi dan diresmikan Kementerian Perhubungan.

Kepala Stasiun Cianjur, Narizal mengatakan, reaktivasi jalur KA Cianjur-Ciranjang penting untuk menghubungkan transportasi kereta api dari Bogor ke Bandung dari Cianjur.

“Reaktivasi jalur Cianjur-Ciranjang merupakan tahapan pertama, nantinya akan di lanjut Ciranjang-Padalarang. Sejauh ini, proses reaktivasi jalur tersebut berjalan cukup baik, tidak ada kendala yang berarti,” terangnya, seperti dikutip Antara, Jum’at (8/3/2019).

Dijelaskan lebih jauh, untuk melakukan uji coba pihaknya sudah melakukan penyisiran jalur. Dia mengatakan, tidak ditemukan masalah serius di jalur KA Cianjur-Ciranjang yang membentang mulai dari Stasiun Sinar hingga Pasar Ciranjang.

“Setelah uji coba dilakukan, baru diresmikan, namun kami belum tahu pasti waktunya karena menunggu keputusan dari Humas Daop II Bandung,” uajrnya.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan sepanjang jalur KA Cianjur-Ciranjang masih banyak ditemukan jalan yang aktif tanpa palang pintu kereta, sehingga membahayakan pengguna jalan.

“Kami sudah mensosialisasikan hal tersebut ke masyarakat di sekitar lintasan, agar setiap kepala daerah berinisiatif untuk membangun palang pintu secara swadaya, karena palang pintu di jalan ilegal bukan wewenang kami,” tambahnya.

Dia menyebutkan, proses reaktivasi jalur Ciranjang-Padalarang akan dikerjakan tahun ini. “Mudah-mudah reaktivasi Ciranjang-Padalarang segera rampung akhir tahun,” tutupnya.