Sat. May 25th, 2019

Bandara Baru di Kulonprogo Kantongi Sertifikat dari Kemenhub

Gedung Terminal Internasional dan apron Bandara Internasional Yogyakarta. Sumber gambar: AP I.

Bandara baru di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta telah mengantongi Sertifikat Bandar Udara dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). PT Angkasa Pura I (AP I) pun memastikan Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) layak melayani penerbangan.

“Artinya secara legal bandara ini sudah bisa dioperasikan,” ujar Wakil Presiden Operasi AP I, Cecep Marga Sonjaya, seperti dinukil Kompas.com, Selasa (23/4/2019).

Rencananya, bandara ini akan mengambil debut operasionalnya pada 29 April mendatang untuk penerbangan internasional. Secara fisik infrastruktur, progres pembangunan bandara ini sudah mencapai 50 persen.

Sedangkan sisi udara bandara ini telah 100 persen pembangunannya. Pembangunan hanya menyisakan sisi darat, di antaranya bangunan terminal penumpang.

Sisi udara bandara ini memiliki landasan sepanjang 3.250 meter dengan lebar 75 meter. Sedangkan gedung terminal secara keseluruhan baru selesai 12.920 meter persegi dari rencana pembangunan hingga 210.000 meter persegi.

Namun demikian, terminal internasional dan sisi udara dianggap sudah mumpuni untuk digunakan.

Sebelum bandara ini dinyatakan laik beroperasi, tiga direktorat jenderal dari Kemenhub melakukan verifikasi pada 4 hingga 6 April 2019. Ada beberapa temuan minor yang sifatnya vital saat verifikasi berlangsung.

Usai mengatasi temuan minor tersebut, kini BIY memperoleh sertifikat dari Kemenhub. Cecep mengatakan, dalam perjalanan nanti, BIY kembali akan mengajukan permohonan sertifikasi bandar udara bila seluruh bangunan dan infrastruktur telah terbangun dan bisa digunakan.

“Secara legal bandara ini sudah bisa dioperasikan. Sifatnya memang sementara,” ungkap Cecep.

Baca juga ini ya...