Angkut Durian 3 Ton di Pesawat, Ini Penjelasan Sriwijaya Air




Penumpang pemegang tiket Sriwijaya Air rute Bengkulu-Jakarta protes. Pasalnya pesawat bau durian. Rupanya ada durian seberat dua ton di bagasi pesawat.
Boeing 737-500 Sriwijaya Air. Foto: Joe Roland S. Bokau.

Menanggapi ramai pemberitaan yang menyebutkan penerbangan berjadwal SJ-091 Sriwijaya Air rute Bengkulu-Jakarta mengangkut durian seberat tiga ton, perusahaan memastikan bahwa hal itu tidak benar. Memang diakui bahwa pesawat penerbangan itu mengangkut durian, namun jumlahnya tak sebanyak itu.

“Perlu diketahui bahwa kurang lebih tiga ton adalah jumlah total berat bagasi dan kargo, di mana di dalamnya ada durian tersebut. Dan angka itu juga masih jauh dari kapasitas MTOW (berat maksimum melakukan take off dan landing),” kata Retri Maya, Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group, Selasa (6/11).

Menurut Maya, pesawat yang mengangkut durian pada penerbangan Senin (5/11/2018) kemarin di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu merupakan sebuah tindakan yang tidak menyalahi aturan dalam penerbangan.

“Mengangkut durian dalam penerbangan itu merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap maskapai, sejauh dikemas dengan baik dan masuk ke dalam kargo sesuai dengan SOP,” terang Maya.

Sriwijaya Air memastikan bahwa dalam setiap penerbangannya, faktor keselamatan dan keamanan menjadi aspek yang sangat diperhatikan.

“Sesuai arahan dan kebijakan perusahaan, Sriwijaya Air tidak akan menerbangkan pesawat, apabila pesawat tersebut tidak layak dan membahayakan seluruh penumpang dan kru,” tutup Maya.




Ayo baca ini juga….