Wanita Berhijab Masih Berpeluang Jadi Pramugari, Ini Caranya!



Berprofesi menjadi seorang pramugari menjadi idaman banyak wanita di dunia. Jika dilihat dari luar, profesi ini memang terlihat glamour dan menyenangkan. Apalagi menjadi seorang pramugari berpeluang bekerja semberi jalan-jalan keliling nusantara bahkan dunia tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Tidak hanya itu, seragam pramugari yang eksklusif bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita.

Umumnya, seragam pramugari berupa celana panjang atau rok yang ketat, lengkap dengan kemeja dan aksesoris lain seperti syal yang dipasang di leher. Jika seperti ini, bagaimana peluang wanita muslim berhijab menjadi seorang pramugari tanpa harus meninggalkan tata busana muslim yang sesuai syariah?

Seperti dilansir Kompas.com, Marintan, mantan pramugari sebuah maskapai penerbangan asal Arab Saudi sekaligus pendiri forumpramugari.com mengatakan bahwa hal ini menjadi semua isu yang pelik. “Tergantung maskapai penerbangan dan komitmennya menjadi pramugari atau tidak,” tuturnya.

Menurut Marintan, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan wanita sebelum melamar menjadi seorang pramugari adalah harus bersedia mengenakan seragam sesuai dengan ketentuan dari maskapai penerbangan. Marintan mengatakan, maskapai-maskapai penerbangan yang berbasis di Timur Tengah sekalipun, tidak memberlakukan seragam yang tertutup untuk pramugarinya. “Contohnya Emirates, betis pasti terlihat, dan rambut ketika di kabin akan terlihat, karena topi dibuka,” ujar Marintan.

Marintan memberikan dua alternatif bagi para wanita berhijab yang masih ingin menjadi pramugari, yaitu dengan melamar ke maskapai penerbangan yang berbasis di Arab Saudi atau menjadi pramugari saat musim haji. “Pilihannya cuma dua, di maskapai Arab Saudi, atau di charteran haji,” katanya.

Selain itu, kata dia, banyak teman-teman seprofesinya yang tetap mengenakan hijab setelah selesai bertugas dalam penerbangan. Menurutnya, aturan mengenai pramugari berhijab masih agak tabu bagi banyak maskapai penerbangan. “Sebab seragam itu adalah bagian dari image maskapai tersebut,” tutupnya.

Foto: Leonardo Kosasih/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply