Uber Akan Membuat Layanan Taksi Listrik Terbang



Perusahaan jaringan transportasi asal Amerika Serikat, Uber pada Selasa (25/4) mengumumkan rencana pengembangan network pada pesawat, yang nantinya akan bekerjasama dengan produsen termasuk pabrikan helikopter ternama yang berbasis di Fort Worth, Bell Helicopter. Langkah ini bertujuan untuk menyediakan transportasi udara on-demand di daerah perkotaan yang luas. Kawasan Dallas-Fort Worth akan menjadi pasar ujicoba untuk konsep ini, dengan Uber berharap bisa meluncurkan network ini pada tahun 2020.

“Bayangkan suatu hari Anda menggunakan aplikasi Uber Anda sehar-hari, Anda melihat opsi baru untuk terbang,” kata Jeff Holden, Chief Product Officer Uber seperti yang dilansir oleh Star-Telegram, Selasa (25/4).  “Anda benar-benar menekan tombol dan mendapatkan penerbangan,” tambah Holden.

Perusahaan yang menyewakan mobil tersebut membahas visinya untuk layanan udara perkotaan di Uber Elevate Summit di Dallas. Dengan jaringan Uber Elevate-nya, Uber merencanakan jaringan pesawat bertenaga listrik dan skyports yang dapat menyediakan layanan transportasi dan pengiriman di kota-kota.

Pabrikan helikopter Bell bekerja pada teknologi propulsi untuk membangun electric vertical takeoff and landing yang lebih hening daripada helikopter biasa.

“Ini tidak akan terjadi dengan segera, besok, tapi teknologinya pasti ada di sana,” kata Mitch Synder, Chief Executive Bell.

“Kami yakin hybrid electric adalah sesuatu yang bisa kita pakai dan terbang sekarang,” kata Synder. “Tapi saya pikir listrik penuh, untuk memberikan jangkauan dan segala sesuatu yang Anda inginkan darinya, tidak ada di sana,” tambahnya.

Selain Bell, tercatat Hilwood Properties, pengembang AllianceTexas yang bermitra dengan Uber untuk membangun skyports vertikal, yang disebut vertiport dengan rencana pengembangan dua sampai lima ports dalam setahun. Menurut Chief Executive Hillwood, Ross Perot Jr, vertiport pertama akan berlokasi di Bandara Dallas/Fort Worth dan di Frisco. Akhirnya, peusahaan ini ingin membangun vertiport di Victory Parks Dallas, Globe Life park di Arlington dan heliport tua Tandy di Sungai Trinity di pusat kota Fort Worth.

“Di balik layar akan menjadi AllianceTexas,” kata Perot yang mengatakan tentang kompleks industri bandara Hillwood di utara Fort Worth. “Di sinilah kita bisa melakukan manufaktur. Kami punya banyak pelatihan pilot di Alliance,” tambah Perot.

Dengan pilot militer yang ditempatkan di Fort Worth dan pilot komersial di maskapai American Airlines dan Southwest Airlines, Perot percaya bahwa Metroplex adalah kawasan yang tepat untuk menguji Uber Elevate dan menemukan pilot untuk menerbangkan pesawat ini.

“Semua dari mereka bisa terbang paruh waktu untuk Uber saat kami meluncurkan proyek ini,” kata Perot, yang mencatat bahwa sebagai pilot helikopter, dia akan senang menerbangkan salah satu pesawat listrik baru tersebut.

Perot juga mengatakan, dia berbicara dengan mitra manufaktur Uber Elevate tentang membangun pesawat yang digunakan untuk jaringan taksi udara listrik di Alliance.

Menurut Holden, pesawat listrik pertama akan diujicobakan, namun dengan sistem fly-by-wire, pesawat bisa dikemudikan sendiri. “Bayangkan mendarat di Bandara Dallas/Fort Worth dan terbang menuju Frisco hanya dalam beberapa menit,” kata Holden.

Foto: Bell Helicopter

Be the first to comment

Leave a Reply