Tips Traveling Nyaman Naik Roda Empat



Tips traveling naik roda empat. Grafis: Sriwijaya Magazine.

Ada beberapa hal krusial yang harus kita perhatikan saat mengendarai mobil, termasuk di antaranya saat traveling bersama keluarga. Demi keselamatan dan kenyaman: perhatikan beberapa hal berikut sebelum melakukan perjalanan. Keselamatan menjadi hal yang sangat penting agar kenyamanan perjalanan pun tercipta.

Ban

Ban merupakan hal penting. Pastikan kondisinya masih bagus. Pastikan ban tidak rusak atau gundul atau licin. Sebagian besar kecelakaan di jalan raya diakibatkan oleh kerusakan pada ban. Jika ban terlihat aus dan rusak, gantilah ban sebelum melakukan perjalanan. Jangan mengganti dengan ban bekas. Yang juga patut diingat,  periksa dan siapkan ban cadangan seandainya salah satu ban kendaraan bocor atau meletus.

Aki

Aki wajib diperhatikan karena berhubungan dengan sistem starter kendaraan dan lampu-lampu. Pastikan kondisi aki baik. Jika aki memiliki indikator, maka Anda cukup mengecek indikator aki tersebut. Jika pada indikator terlihat kondisi aki mulai memburuk, segeralah ganti.

Jika tak ada idikator pada aki, periksalah secara manual. Periksa kondisi air aki. Perhatikan juga usianya. Rata-rata aki memiliki usia 1-2 tahun, sebelum akhirnya rusak. Jika aki anda sudah memasuki usia itu, luangkan waktu untuk menggantinya.

Oli

Berikutnya adalah oli kendaraan. Oli kendaraan ini tidak hanya oli mesin.Selain oli mesin, periksa juga oli transmisi, dan oli gardan untuk kendaraan berpenggerak roda belakang. Periksa berapa ribu kilometer oli telah digunakan. Rata-rata oli mesin harus diganti 10.000 km setelah digunakan. Usia oli transmisi dan oli gardan bisa lebih lama, hingga 60.000 km.

Radiator

Radiator menjaga suhu mesin kendaraan berada pada posisi idealnya. Sistem ini dikelengkapi kipas dan air radiator. Pastikan sistem bekerja semestinya, dan air radiator sesuai kebutuhan. Jika sistem radiator rusak, maka suhu mesin akan meningkat dan mesin pun akan otomatis mati. Dalam kondisi itu hendaklah tidak lagi memaksakan mesin menyala. Kerusakan pada radiator tidak bisa ditangani dengan mudah. Karenanya, pastikan sistem radiator berfungsi semestinya sebelum Anda melakukan perjalanan.

Rem

Hal yang sangat penting adalah rem. Rem  sangat vital saat kita berkendara, karena hanya rem lah yang mampu mengurangi laju mobil hingga berhenti total. Periksalah sistem rem dan  kanvas rem apakah masih bagus atau sudah mulai aus. Jika kondisinya sudah mulai buruk, segeralah ganti di bengkel resmi kerndaraan.

Selain empat hal di atas, siapkan segala peralatan pendukung dan service lah mobil secara berkala atau sebelum melakukan perjalanan. Bawalah mobil kita ke bengkel resmi untuk menservis secara keseluruhan. Dalam perjalanan, tentukan berapa lama harus mengemudi, tentukan lokasi pemberhentian untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri mengemudi dalam keadaan mengantuk atau lelah.

Be the first to comment

Leave a Reply