Tahun Depan, Garuda Incar Pertumbuhan Penumpang 20 Persen



Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada tahun depan menargetkan pertumbuhan jumlah penumpang sebesar 15-20 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang yang diangkut pada tahun 2015. Salah satu cara yang akan ditempuh perusahaan adalah dengan memaksimalkan layanan penerbangan domestik, baik itu berupa pembukaan rute penerbangan baru maupun meningkatkan frekuensi penerbangan yang sudah ada.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Manado Deddy Irawan mengatakan bahwa sepanjang tahun 2015 perusahaan telah menutup atau mengurangi tiga rute penerbangan domestik dari Manado, di antaranya Manado-Surabaya, Manado-Makassar, dan Manado-Balikpapan. Namun, sebagai gantinya, layanan penerbangan itu diambil alih oleh anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di segmen penerbangan berbiaya rendah, Citilink Indonesia. “Meski kami terus mengoptimalkan rute existing, untuk menggenjot pertumbuhan jumlah penumpang pada tahun depan kami tetap melakukan ekspansi di rute domestik,” kata dia.

Garuda Indonesia belum lama ini menambah frekuensi penerbangan Jakarta-Manado dari tujuh kali sehari menjadi delapan kali sehari. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang terus mengalami peningkatan. Selain itu, pada tahun depan perusahaan juga berencana membuka rute penerbangan baru Manado-Gorontalo yang kemungkinan dimulai pada bulan Mei. Menurut Deddy, rute penerbangan Manado-Gorontalo memiliki potensi yang bagus, ramai, dan baru dioperasikan oleh satu maskapai penerbangan saja.

Deddy menambahkan, untuk sementara waktu Garuda Indonesia belum akan melakukan ekspansi dengan membuka rute penerbangan internasional dari Manado lantaran pasarnya yang masih sangat kecil. “Masih fokus untuk bermain di rute domestik karena Manado ini belum terlalu banyak dikenal di mata dunia. Baru beberapa negara yang tercatat menjadi wisatawan asing prioritas misalnya China dan Singapura karena jaraknya tidak jauh sedangkan negara lainnya tidak banyak,” katanya.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply