Pemerintah Terus Bekerja Benahi Skor Audit ICAO



Apabila skor audit International Civil Aviation Organization (ICAO) terhadap keselamatan penerbangan Indonesia membaik, pemerintah menyakini daftar maskapai nasional yang dilarang terbang oleh otoritas penerbangan Eropa akan dihapus.

“Kalau ICAO beres, FAA [audit Federal Aviation Administration] beres, EU banned juga bakal beres. Kawan-kawan sedang bekerja sekarang,” kata Muzaffar Ismail, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub.

Sejauh ini, baru tujuh maskapai nasional yang diperbolehkan menerbangi Eropa antara lain PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA), Lion Air, Batik Air, Airfast Indonesia, Ekspres Transportasi Antarbenua, Indonesia AirAsia, dan Citilink Indonesia.

Skor penilaian ICAO terhadap keselamatan penerbangan Indonesia sejauh ini baru mencapai 51, atau di bawah standar penilaian sebesar 61. Meski begitu, Muzaffar mengklaim bahwa skor keselamatan penerbangan Indonesia sebenarnya sudah di atas standar.

Apabila tidak ada aral melintang, skor keselamatan penerbangan Indonesia tersebut akan mulai diverifikasi oleh perwakilan ICAO pada Oktober 2017, dan akan diumumkan pada tahun yang sama.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com