Pekan Ini, Kemenhub Mulai Investigasi Manajemen Citilink



Pekan ini, manajemen Citilink mulai diinvestigasi Kementerian Perhubungan karena diduga tidak menjalankan prosedur keselamatan dan keamanan penerbangan sebagaimana mestinya.

Seperti diungkapkan Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Direktorat Perhubungan Udara Kemenhub Agoes Soebagio mengatakan, sejumlah keterangan dari pihak-pihak yang terkait, khususnya manajemen Citilink mulai diambil.

“Hari ini [kemarin], manajemen Citilink dari bagian safety sudah datang, dan memberikan penjelasan terkait kasus pilot yang mabuk. Namun, untuk isi penjelasannya belum dapat dibeberkan,” katanya di Jakarta, Selasa (3/1/2017).

Kemenhub, kata Agoes, belum dapat memastikan kapan hasil investigasi tersebut dapat diumumkan. Pasalnya, proses investigasi masih panjang, dan keterangan dari berbagai pihak juga masih terus dikumpulkan.

Apabila terbukti lalai dalam menjalankan prosedur, sehingga mengancam keamanan dan keselamatan penerbangan, tidak menutup kemungkinan Citilink akan mendapatkan sanksi.

Di sisi lain, Vice President Corporate Communication PT Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan Citilink siap mendukung investigasi tersebut. Menurutnya, investigasi tersebut bertujuan untuk melakukan suatu perbaikan.

“Kami menerimanya dengan tangan terbuka, dan Kemenhub juga paham akan kondisi industri penerbangan nasional yang harus dijaga. Selaku regulator, kepentingannya itu adalah untuk kepentingan publik,” tuturnya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com