Pastikan Kesiapan Angkutan Udara Lebaran, Dirjen Perhubungan Udara Gelar Ramp Check



Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso didampingi oleh Direktur DKUPPU Ditjen Perhubungan Udara Muzaffar Ismail, pada Sabtu (6/5) melakukan ramp check di Bandara Adi Soemarmo Solo. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan pesawat-pesawat yang dipakai maskapai penerbangan untuk melayani penumpang Angkutan Lebaran 2017 dalam keadaan laik terbang dan memenuhi standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Ramp check dilakukan terhadap 5 (lima) pesawat meliputi Garuda Indonesia sebanyak 1 unit pesawat, Lion Air sebanyak 2 unit pesawat, Citilink dan NAM Air masing-masing sebanyak 1unit pesawat.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan secara umum tidak ditemukan permasalahan yang signifikan yang terkait dengan keselamatan. Sedangkan terkait prosedur refueling hasil pemeriksaan yang dilakukan sudah sesuai dengan SOP.

Sebelumnya, Tim inspektur Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Inspektur Kantor Otoritas Bandara juga telah melakukan ramp check di seluruh bandar udara di Indonesia. Target pesawat terbang yang akan dilakukan pemeriksaan berjumlah 537 pesawat. Hingga saat ini jumlah pesawat terbang yang telah diperiksa pada kurun waktu 14 April s.d 6 Mei 2017 sebanyak 216 pesawat.

Agus juga memberikan instruksi khusus kepada Kantor Otoritas Bandar Udara, Penyelenggara Bandar Udara, Penyelenggara Navigasi Penerbangan dan Badan Usaha Angkutan Udara agar dalam kegiatan Angkutan Lebaran dijalankan program 3S + 1C (Safety, Security and Compliance) dengan sebaik-baiknya. Instruksi khusus tersebut untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan angkutan udara Lebaran 2017

Foto: Ditjen Perhubungan Udara

Be the first to comment

Leave a Reply