Optimalkan Pasar Timur Tengah, Garuda Buka Penerbangan Surabaya-Madinah



Maskapai nasional Garuda Indonesia pada hari ini, Selasa (29/11), meresmikan rute penerbangan baru Surabaya – Madinah pp, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat dan memperluas jaringan penerbangannya – khususnya di wilayah Timur Tengah – dan upaya optimalisasi potensi pasar Umrah.

Peresmian penerbangan Surabaya – Madinah pp tersebut dilaksanakan secara simbolis Wali Kota Suarabaya Tri Rismaharini, Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur – yang mewakili Gubernur Jawa Timur –  Zainal Muhtadien, dan Direktur Cargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono, di Bandara Internasional Juanda.

Penerbangan Surabaya – Madinah pp tersebut dilayani satu kali seminggu yaitu setiap hari Selasa, dengan menggunakan armada Airbus A330-300 berkapasitas 360 penumpang all economy class, yang dilengkapi dengan inflight entertainment yang akan memberikan kenyamanan dan hiburan bagi para penumpang selama perjalanan.

Direktur Cargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono, menyampaikan bahwa sebagai maskapai flag carrier, Garuda Indonesia memegang komitmen mendukung program Pemerintah, termasuk dalam pengembangan industri penerbangan nasional, yang diwujudkan diantaranya melalui pengembangan network penerbangan.

“Sebagai salah satu Negara dengan jumlah umat Muslim terbesar di dunia, Garuda Indonesia senantiasa berupaya memberikan kemudahan bagi umat Muslim Indonesia untuk melaksanakan perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Dengan adanya rute baru yang diresmikan hari ini, kami berharap dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya, melakukan penerbangan langsung ke  dua kota utama di Saudi Arabia, yaitu Jeddah dan Madinah, yang tentunya  akan sangat menghemat waktu dan biaya” tambah Sigit.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Surabaya dan sekitarnya menyambut gembira pelayanan rute baru Surabaya – Madinah yang diresmikan pada hari ini.

“Sebagai maskapai pembawa bendera bangsa sekaligus sebagai maskapai bintang 5, penerbangan tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi para masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan ibadah Umrah, maupun penumpang lain dengan tujuan bisnis atau pekerjaan” kata Risma.

Penerbangan dari Surabaya ke Madinah (GA-974) terjadwal berangkat dari Surabaya 06.45 WIB dan perkiraan waktu tiba di Madinah pukul 16.35 waktu setempat. Sementara penerbangan kembali dari Madinah ke Surabaya (GA-975) terjadwal berangkat dari Madinah pukul 18.35 waktu setempat dan akan tiba di Surabaya 10.55 WIB di hari berikutnya. Penerbangan Surabaya – Madinah akan melakukan technical landing di Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh hanya untuk keperluan pengisian bahan bakar, untuk selanjutnya terbang langsung menuju Madinah.

Rute penerbangan ke Madinah ini merupakan rute penerbangan internasional ketiga yang dilayani Garuda Indonesia dari Surabaya, selain rute Singapura yang dilayani sebanyak satu kali penerbangan PP setiap hari, dan rute Jeddah yang dilayani dua kali Seminggu setiap hari Senin dan Rabu. Dengan dilayaninya rute Surabaya – Madinah ini, saat ini Garuda Indonesia melayani 34 penerbangan ke Timur Tengah dari berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Medan, Balikpapan, Solo, dan Surabaya menuju Jeddah dan Madinah.

“Penerbangan Surabaya – Madinah pp ini diharapkan tidak hanya mengakomodasi jamaah umroh, namun juga penumpang dengan perjalanan bisnis, leisure, maupun Tenaga Kerja Indonesia. Di samping itu, dengan adanya penerbangan Surabaya – Madinah pp  ini, maka Garuda Indonesia memberikan pilihan perjalanan bagi para jamaah Umroh, dimana mereka dapat memilih rute keberangkatan dari Surabaya menuju Madinah, dan rute kembali dari Jeddah ke Surabaya” tutup Sigit.

Foto: Garuda Indonesia