Menu Khas Indonesia Rupanya Sangat Digemari dalam Penerbangan



Maskapai penerbangan saling berlomba-lomba memberikan menu makanan terbaik kepada penumpangnya, baik itu menu makanan lokal Indonesia maupun menu makanan mancanegara. Hal itu dilakukan oleh maskapai penerbangan untuk mengakomodir berbagai keinginan dan selera penumpang yang berbeda-beda.

Meskipun demikian, Vice President Inflight Service Garuda Indonesia Vindex Tengker mengungkapkan bahwa menu masakan khas Indonesia masih sangat digemari di dalam penerbangan Garuda Indonesia. “Kalau orang luar yang ke Indonesia, mereka senang sekali makanan Indonesia. Makanan Indonesia itu dicari di seluruh dunia,” kata Vindex yang juga seorang chef profesional itu.

Menurut Vindex, masakan asli Indonesia sekarang ini berada di era keemasan. Popularitasnya begitu tinggi, terutama untuk menu-menu makanan yang kaya akan bumbu. Oleh karena itu, Garuda Indonesia pun menyediakan berbagai menu daerah seperti es pisang ijo dari Makassar dan lontong Medan khas Medan, Sumatera Utara. “Minat authentic cuisine lagi booming banget, yang harus tetap dijaga adalah konsistensi masakannya, karena kami memasak untuk ribuan porsi dan ribuan mil,” kata Vindex.

Vindex menuturkan, pada dasarnya proses memasak untuk menu makanan yang disajikan di darat dan udara sama. Hanya saja, untuk menu makanan yang disajikan di udara perlu sedikit perlakuan khusus. “Karena di pesawat menggunakan sistem reheating (pemanasan), jadi kebanyakan makanan dipanaskan dahulu baru ditata, semua panduannya ada. Hanya beberapa jenis yang dimasak langsung seperti omelet. Bumbu juga tidak dapat terlalu pedas, karena bisa-bisa orang ke toilet terus,” ujar Vindex.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply