Categories
International

Debut Terbang S-76B, si Helikopter Otonom

Lockheed Martin bersama Badan Proyek Penelitian Pertahanan Lanjutan (DARPA) Amerika Serikat (AS) sukses menggelar debut demonstrasi terbang S-76B, helikopter dengan sistem pengoperasian otonom. Pilot Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) AS dipercaya untuk menerbangkan heli yang ditelurkan dari proyek Sikorsky Autonomy Research Aircraft (SARA).

Demo udara helikopter bersistem ‘kendaraan berkemudi opsional (OPV)’ tersebut dipublikasikan Lockheed Martin pada Senin (29/10/2018) lalu. Selama demonstrasi, helikopter komersil S-76B terbang dengan sistem otomasi yang diawasi pilot Puspenerbad AS, baik di darat maupun di udara.

Disebutkan perusahaan, helikopter SARA tersebut melaksanakan sejumlah profil penerbangan, termasuk lepas landas dan mendarat secara otomatis; kemampuan menghindari rintangan; mendarat secara otomatis di zona terpilih dan terbang rendah.

Categories
International

AirAsia Resmi Layani Rute Penerbangan Kuala Lumpur – Silangit

AirAsia secara resmi telah menggelar debut terbang rute regional terbaru mereka yang menghubungakan Kuala Lumpur – Silangit, Minggu (28/10/2018). Momen ini sekaligus menandai jejak baru perluasan destinasi penerbangan AirAsia di ASEAN.

Pesawat yang digunakan pada penerbangan tersebut adalah Airbus A320-200 berkapasitas 180 penumpang dengan nomor penerbangan AK411. Pesawat diberangkatkan dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) menuju Bandara Internasional Silangit.

Bandara Silangit merupakan gerbang utama menuju kawasan pariwisata Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terindah di dunia.

Acara penyambutan diselenggarakan di Bandara Internasional Silangit dan dihadiri antara lain oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agus Purwoto, Staf Khusus Menteri Pariwisata Judi Rifajantoro, Kasubdit Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kementerian Perhubungan Tri Danarsih, CEO AirAsia Malaysia Riad Asmat, serta CEO Grup AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan.

A320-200 AirAsia di Bandara Silangit. Foto: Dok. AirAsia.

“Sebagai maskapai dengan jaringan rute terluas di ASEAN, kami bangga telah membawa dunia lebih dekat ke Danau Toba yang merupakan salah satu destinasi keindahan alam di Asia Tenggara. Layanan Fly-Thru kami akan semakin mempermudah wisatawan dari 20 kota untuk mengunjungi Danau Toba dengan penerbangan transit melalui Kuala Lumpur,” ungkap Riad Asmat.

Ia berharap, pihaknya dapat terus mempererat kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya pemerintah Indonesia untuk terus membangun Danau Toba sebagai 10 destinasi wisata priotitas Indonesia.

Layanan Fly-Thru AirAsia menghubungkan Silangit melalui Kuala Lumpur dengan 20 kota seperti Kinabalu, Johor Bahru, Kuching, Guangzhou, Chongqing, Changsha, Chengdu, Hangzhou, Hongkong, Beijing, Shanghai, Shenzhen, Xi’an, Taipei, New Delhi, Hyderabad, Chennai, Melbourne, Sydney, dan Singapura.

Fly-Thru merupakan layanan transit AirAsia yang memudahkan penumpang menuju destinasi akhir tanpa proses imigrasi saat transit dan tanpa harus check-in ulang bagasi.

Categories
International

Penumpang Frontier Airlines Nyaris Terisap Masuk ke Mesin Pesawat

Seorang penumpang pesawat maskapai Frontier Airlines yang hendak terbang dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Cancún, Meksiko, harus diselamatkan penumpang dan awak kabin. Penyebabnya, penumpang tersebut nyaris terhisap masuk ke dalam mesin pesawat setelah membuka pintu darurat saat berusaha ingin keluar.

Menukil Daily Mirror (Jum’at, 26/10/2018), kronologi peristiwa menegangkan itu bermula saat pesawat berada dalam posisi taxing (menuju landasan pacu) dan terbang menuju St Louis, Amerika Serikat (AS).

Salah seorang penumpang, Andy Karandzieff, dikutip Daily Star mengatakan bahwa penumpang yang tak disebutkan identitasnya itu duduk di belakangnya.

“Dia kemudian muntah-muntah. Setelah itu pria tersebut mulai memukul pintu darurat sehingga harus ditenangkan kru kabin beserta penumpang lainnya,” kata Karandzieff.

Dalam beberapa saat pintu darurat kemudian terbuka, sehingga membuat penumpang itu nyaris terlontar. Dengan spontan, ujar Karandzieff, para penumpang lain langsung memeganginya.

“Syukurlah berkat keberanian para penumpang, baik pria maupun perempuan, pria itu akhirnya ditarik masuk sebelum terhisap ke mesin,” kata Karandzieff.

Polisi bandara kemudian datang dan langsung mengeluarkan penumpang tersebut dari pesawat serta segera membawanya ke rumah sakit terdekat.

Ibu penumpang itu yang tidak ikut dalam penerbangan menerangkan, sangat tak biasa putranya bisa sakit dalam penerbangan.

Sang ibu menyebutkan, putranya memang sempat diserang serta diberi minuman ringan yang dicampur narkoba orang tak dikenal di malam sebelum keberangkatan menuju bandara.

Frontier Airlines menyatakan, karena perilaku pria tersebut, penerbangan menuju kota di Missouri tersebut harus dibatalkan. Maskapai berkonsep ultra low cost carrier yang bermarkas di Denver, Colorado itu kemudian mengumumkan penumpang penerbangan tersebut bisa terbang dengan penerbangan lain atau diberi akomodasi hotel.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=6ihnAo1kbBc?ecver=2]
Categories
International

DJI Kenalkan Teknologi GEO Terbaru untuk Keamanan Bandara

Perusahaan pesawat tanpa awak (drone) dan pencitraan udara, DJI, dalam waktu dekat akan memperkenalkan teknologi geofencing (pemetaan) terbaru. Kabarnya, teknologi tersebut mampu meningkatkan pembatasan ruang udara untuk drone di dekat bandara di Amerika Serikat (AS).

Geospatial Environment Online (GEO) versi 2.0 yang dimutakhirkan ini rencananya akan diperkenalkan perusahaan ke muka publik mulai November 2018, saat revisi zona wilayah udara diberlakukan di sekitar bandara AS.

Munukil laman airport-technology.com, pihak DJI menyatakan bahwa teknologi geofencing terbaru akan memberikan perlindungan yang lebih pintar bagi pesawat di daerah-daerah kritis. Teknologi ini ke depannya juga akan ditawarkan ke negara lain.

“DJI dengan bangga, sekali lagi memimpin industri dalam mengembangkan solusi proaktif untuk masalah keselamatan dan keamanan (penerbangan). Ini adalah langkah besar (ke depan) untuk mengintegrasikan drone ke wilayah udara dengan aman berdasarkan evaluasi risiko, terkait pesawat yang mendekati dan meninggalkan berbagai jenis bandara,” tutur VP Bidang Kebijakan dan Hukum DJI, Brendan Schulman, Kamis (25/10/2018).

Ia menambahkan, sistem baru ini memungkinkan GEO untuk membuat zona keselamatan ‘dasi kupu-kupu’ tiga dimensi dengan terperinci di sekitar jalur penerbangan landasan pacu. GEO juga dapat menggunakan bentuk polygon kompleks di sekitar fasilitas sensitif lainnya.

Geofencing terbaru DJI juga mencakup kaidah-kaidah dari Bab 384 dari Undang-undang Peninjauan Ulang FAA (otoritas penerbangan sipil AS) yang baru saja ditetapkan. Undang-undang tersebut mengamanatkan bahwa koridor pendekatan akhir (final approach) hingga landasan pacu aktif di bandara-bandara utama harus menjadi ‘zona pengecualian landasan pacu’ untuk drone yang tak terdaftar.

Namun, klien atau pengguna DJI diwajibkan untuk memutakhirkan aplikasi DJI GO 4 dan firmware drone. Dengan begitu, mereka baru bisa memperoleh akses GEO terbaru.

DJI memilih PrecisionHawk sebagai penyedia datanya, yang akan menawarkan data akurat seperti lokasi pasti landasan pacu bandara dan batasan fasilitas-fasilitas untuk memperoleh informasi geospasial yang tersedia di GEO 2.0 terbaru.

Categories
International

Airbus Helicopters Antarkan Dua H225M Terbaru untuk RTAF

Airbus Helicopters mengumumkan bahwa mereka telah mengantarkan dua helikopter multiperan H225M (sebelumnya EC725) Caracal terbaru ke pelanggan mereka di Asia Tenggara, Rabu (24/10/2018). Heli tersebut merupakan unit yang dipesan Angkatan Udara Kerajaan Thailand (Royal Thai Air Force/RTAF).

Kedua heli dari keluarga Super Puma ini merupakan unit ketujuh dan dan unit kedelapan yang diterima RTAF. Secara total, AU Negeri Gajah Putih ini memesan 12 unit H225M dari Airbus Helicopters. Enam unit pertama di bawah kontak yang ditandatangani pada 2012, dan enam lainnya melalui pemesanan tambahan yang dilayangkan tahun 2016 lalu.

Pengadaan tersebut merupakan bagian dari program modernisasi armada. Heli-heli tersebut bergabung dan memperkuat enam H225M yang telah ada untuk misi SAR tempur, penerbangan SAR dan angkut pasukan.

H225M merupakan helikopter turbin kembar berbobot 11 ton yang populasinya banyak tersebar di berbagai penjuru dunia. Dengan daya tahannya terbangnya yang luar biasa dan kecepatan jelajahnya yang mengagumkan, banyak negara terpikat untuk meminangnya. Di Indonesia, Skadron Udara 8/Angkut Berat Lanud Atang Sendjaja juga mengoperasikan salah satu varian keluarga heli ini, EC725 Cougar.

Dengan peralatan elektronik yang canggih dan sistem autopilot 4 sumbu, menjadikan heli gembul ini dapat dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk mendukung berbagai peran yang diemban.

Menurut catatan Airbus Helicopters, saat ini ada sekitar 90 unit H225M yang telah menjalani ikatan dinas di enam negara, dengan akumulasi jam terbang lebih dari 100.000 jam.

Categories
International

Singapore Airlines Luncurkan Program KrisConnect

Singapore Airlines (SIA) mengumumkan peluncuran program KrisConnect pada Rabu (24/10/2018) lalu. KrisConnect merupakan sebuah inisiatif untuk membuat informasi dan fungsionalitas platform digital SIA yang tersedia bagi para mitra.

Program KrisConnect dibuat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Platform tersebut memanfaatkan teknologi Application Program Interfaces (API) layaknya program New Distribution Capability (NDC) milik IATA.

API menawarkan berbagai fungsi kepada para mitra, termasuk membuat dan mengelola pemesanan penerbangan, memeriksa informasi status penerbangan, memberikan informasi terkait KrisFlyer, dan beberapa fungsi lainnya.

Saat ini, program tersebut sedang dalam tahap eksekusi dengan para mitra di seluruh ekosistem perjalanan yang berkomitmen untuk menggunakan konten API milik SIA. Para mitra tersebut termasuk pihak sistem distribusi global seperti Amadeus, Sabre, dan Travelsport; agen perjalanan seperti CTM dan Ctrip/Trip.com; serta agregator perjalanan seperti Google, KAYAK, Skyscanner, dan Travelfusion.

Inisiatif terbaru yang sesuai dengan program KrisConnect SIA adalah koneksi NDC dengan Skyscanner yang memungkinkan para pelanggan untuk memesan penerbangan SIA secara langsung melalui Skyscanner.

“Layanan yang dipersonalisasi dan berfokus pada para pelanggan telah lama menjadi keunggulan Singapore Airlines,” kata Senior Vice President Sales and Marketing, Mr Campbell Wilson.

API, lanjutnya, memberikan kami kesempatan untuk memperluas nilai-nilai ini di luar titik kontak tradisional kami.

“Kami senang dapat meluncurkan program KrisConnect untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan para mitra guna meningkatkan pengalaman pelanggan SIA di platform mereka,” tutupnya.

Categories
International

Ciopaer Brazil Terima Kiriman Perdana Dua Unit H135 Bersistem Helionix

Centro Integrado de Operações Aéreas (Ciopaer) atau Pusat Operasi Udara Terpadu (Polisi Udara) Brazil baru-baru ini menerima kiriman dua unit helikopter H135 bersistem Helionix dengan konfigurasi polisi dari Airbus Helicopters.

Heli tersebut akan memperkuat keamanan publik (Kepolisian) di Negara Bagian Ceará, serta difungsikan untuk memberi dukungan operasi aeromedis di wilayah negara bagian lainnya.

Armada helikopter pabrikan Airbus yang saat ini dimiliki Ciopaer terdiri dari dua AS350/H125 Écureuil (Squirrel) dan empat helikopter bermesin ganda dari keluarga H135 dan H145.

“Beban kerja pilot difasilitasi oleh stabilitas pesawat, yang membantu mempertahankan ketinggian secara konstan,” ujar sumber dari Ciopaer, Letnan Kolonel Marcus Costa, Senin (22/10/2018).

Helikopter ini dapat diawaki tujuh orang, terdiri dari dua pilot dan lima kru. Heli ini juga dibekali kemampuan terbang secara otonom hingga lebih dari tiga jam. Selain itu, H135 pesanan Ciopaer juga dilengkapi dengan peralatan khusus seperti lampu sorot, kerekan (winch) listrik, perangkat penyelamatan dan kamera infamerah.

Pengiriman dua unit heli ini juga sekaligus memperkuat kemitraan antara produsen helikopter asal Brazil, Helibras dengan Pemerintah Negara Bagian Ceará, di samping memperkuat armada helikopter bermesin kembar Ciopaer dengan produk besutan Airbus.

“Kami menghargai kepercayaan Ciopaer terhadap produk dan layanan kami,” ungkap Richard Marelli, CEO Helibras.

Helionix merupakan konsep peralatan elektronik helikopter dengan fitur standar dan telah tersedia di H175 dan H145. Di atas autopilot 4 sumbu, Helionix menawarkan tata letak kokpit inovatif yang membantu meningkatkan kewaspadaan situasional.

Sistem avionik tersebut memiliki tiga tampilan elektronik besar. Kokpitnya dilengkapi dengan Night Vision Goggle (NVG) yang kompatibel dan mencakup First Limit Indicator yang menampilkan data instrumen mesin kepada pilot dalam satu indikator.

Categories
International

Boeing 737 MAX 8 Dapat Hemat Operasional SpiceJet

SpiceJet menerima pesawat Boeing 737 MAX 8 pertama mereka, (12/10). Maskapai India ini berencana menggunakan 737 MAX 8 mereka untuk memperluas dan menstandarisasi armada mereka. Pesawat jet baru ini juga dimanfaatkan untuk mengurangi biaya bahan bakar setiap armada SpiceJet sebesar $1,5 juta setahun.

“Kami sangat gembira menerima 737 MAX 8 pertama kami,” kata Ketua dan Direktur Pelaksana SpiceJet Ajay Singh. “Kehadiran MAX pertama kami adalah tonggak besar dalam perjalanan SpiceJet. Pesawat baru ini akan memungkinkan kami untuk membuka rute baru, sekaligus mengurangi biaya bahan bakar dan teknik, serta emisi. 737 MAX akan secara dramatis mengurangi polusi suara dan emisi gas rumah kaca. Penumpang akan mendapat manfaat dari sejumlah besar kursi premium dan, untuk pertama kalinya di India, internet broadband di pesawat,” lanjutnya.

737 MAX yang diterima SpiceJet ini merupakan pesawat pertama dari 205 seri MAX yang dipesan oleh SpiceJet. Pesawat lorong tunggal yang baru dan lebih baik akan membantu SpiceJet menurunkan emisi, yang merupakan inisiatif utama maskapai penerbangan yang ingin  meningkatkan rutepenerbangan  regional dan internasional.

Pesawat 737 MAX baru SpiceJet tiba pada saat pasar penerbangan komersial India terus tumbuh pada tingkat yang signifikan. Menurut data industri, lalu lintas udara domestik di India telah tumbuh sekitar 20 persen dalam setiap empat tahun terakhir, dan diprediksi akan terus meningkat.

“India adalah pasar yang berkembang pesat untuk pesawat dan layanan komersial,” kata Ihssane Mounir, wakil presiden senior Penjualan & Pemasaran Komersial untuk Perusahaan Boeing. Lanjutnya,  737 MAX SpiceJet adalah pesawat sempurna untuk pasar ini dan itu akan menjadi awal kesuksesan jangka panjang, terutama karena harga minyak terus menekan maskapai. Efisiensi dan keandalan pasar terkemuka dari MAX akan segera memberi keuntungan bagi operasi komersial SpiceJet.

The 737 MAX 8 adalah bagian dari keluarga pesawat yang menawarkan sekitar 130 hingga 230 kursi dan kemampuan untuk terbang hingga 3.850 mil laut (7.130 kilometer) atau hampir delapan jam penerbangan. Bagi SpiceJet, 205 pesawat MAX 8 ini diprediksi akan menghemat hingga 240.000 ton bahan bakar per tahun, yang berarti penghematan biaya bahan bakar hingga lebih dari $ 317 juta setiap tahun. MAX 8 juga memiliki biaya operasi terendah di pasar pesawat lorong tunggal, dengan biaya per kursi pesawatnya lebih kecil 8 persen.

The 737 MAX adalah pesawat paling cepat terjual dalam sejarah Boeing. Saat ini ada lebih dari 4.700 pesanan dari 104 pelanggan di seluruh dunia.

Categories
International

PTDI Garap Kerjasama Manufaktur dengan Boeing

Boeing [NYSE: BA] dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), (29/8) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjajaki peluang kerja sama di bidang teknologi manufaktur, sertifikasi, serta dukungan dan pemeliharaan terhadap produk gaya angkat vertikal (atau vertical lift). MoU ini merupakan langkah penting untuk mendukung Indonesia dari segi pembangunan ekonomi saat ini dan di masa depan serta pertumbuhan sektor kedirgantaraan.

“PTDI adalah mitra utama dalam membangun sektor kedirgantaraan Indonesia dan kami telah menunjukkan kemampuan di bidang desain dan pengembangan pesawat terbang, manufaktur struktur, serta produksi dan layanan untuk pesawat komersial dan militer,” kata Elfien Goentoro, Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia. PTDI, jelas Elfien, telah menjadi pemasok untuk Boeing Commercial Airplanes, dan perjanjian ini akan memperluas kerja sama antara PTDI dan Boeing pada bidang militer dengan peluang di bidang kemampuan gaya angkat vertikal.

Hubungan Boeing dan Indonesia telah terjalin cukup lama. “Boeing dan industri dirgantara Indonesia telah bekerja bersama selama hampir 70 tahun,” tutur Skip Boyce, Presiden Boeing Southeast Asia.

Tahun 1949 Garuda Indonesia, beroperasi menggunakan Douglas DC-3 yang merupakan salah satu produk Boeing (dahulu Douglas). Saat ini, Boeing telah menjadi pesawat populer di Indonesia dan digunakan oleh berbagai maskapai penerbangan nasional. Kerjasama Indonesia dan Boeing pun telah berkembang tidak hanya di dibang penerbangan komersial, tetapi juga hingga sekotr pertahanan, ruang angkasa, serta penelitian dan teknologi. 
Pada bidang militer, pemerintah Indonesia telah menandatangani surat penawaran dan penerimaan dengan pemerintah AS (Agustus 2013) mengenai pengadaan 8 helikopter militer Apache AH-64E. Pengiriman kedelapan helikopter telah diselesaikan awal tahun ini.

Marsekal Pertama Gita Amperiawan, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia, dan Maria Lane, Wakil Presiden Kemitraan Strategis Internasional Boeing, selepas penandatanganan MOU. Foto: Boeing.
Categories
International

Dua Dekade ke Depan Cina Butuh 128.500 Pilot

Dalam dua dekade ke depan, Cina akan membutuhkan 128.500 pilot, negara-negara Asia Tenggara 48.500, dan Asia Selatan 42.750 pilot. Selain pilot, negara di kawasan Asia Pasifik juga membutuhkan teknisi dan awak kabin dalam jumlah sangat besar. Pertumbuhan ekonomi kawasan itu akan mengarah pada peningkatan kekayaan dan peningkatan perjalanan, yang memacu kebutuhan akan 240.000 lebih pilot dan 317.000 awak kabin pada tahun 2037.

“Permintaan yang kuat untuk pilot di wilayah ini terus berlanjut, dan kami berharap ini akan berlanjut untuk beberapa tahun mendatang,” kata Keith Cooper, Vice President of Training and Professional Services untuk Boeing Global Services, seperti dikutip BBC (28/9).

Cina akan membutuhkan setengah dari personil baru ini. Proyeksi Boeing memberi tekanan pada industri yang sedang berjuang mengatasi masalah kekurangan pilot dan kemacetan pelatihan. Pilot yang lebih tua akan segera masuk masa pensiun selama dekade berjalan. Sementara itu, ada peningkatan permintaan untuk layanan penerbangan bisnis, seperti pariwisata helikopter dan jet mewah pribadi.