Gelombang Tinggi Laut Selatan Terjang Bandara Ngurah Rai



Gelombang tinggi laut selatan Indonesia dikabarkan sempat menerjang area apron Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Namun menurut otoritas bandara, terjangan gelombang laut itu tidak mempengaruhi operasional bandara.

“Sejauh ini penerbangan berjalan normal,” kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali dan Nusa Tenggara, Yusfandri Gona di Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu (11/6), seperti dikutip Berita Satu.

Bandara Ngurah Rai merupakan bandara internasional yang terletak tepat di tepi pantai. Ujung runway-nya yang sebelah barat, berbatasan langsung dengan laut. Yusfandri Gona menjelaskan bahwa dari pagar pembatas sisi barat Bandara Ngurah Rai memiliki sejumlah sisi atau lapisan yakni dari pagar pembatas, drainase, bahu landasan pacu, air strip baru kemudian landasan pacu (runway).

Gelombang tinggi yang menerjang sejumlah kawasan pantai di Indonesia, tak terkecuali sejumlah pantai di Pulau Bali, termasuk pantai di ujung bandara Ngurah Rai. Gelombang dikabarkan sempat menerjang masuk ke bagian apron tepatnya di sisi utara dekat landasan pacu 09 dan VIP. Disejumlah media sosial juga tersebar video masuknya air laut ke bagian parkir pesawat. Namun kondisi itu dinilai tidak mengganggu landasan pacu.