Garuda Sebut Maskapai Timur Tengah Serbu Pasar Indonesia



Ceruk pasar penerbangan umroh dari Indonesia yang cukup besar membuat sejumlah maskapai penerbangan berebut, tidak hanya dari maskapai penerbangan Indonesia tapi juga dari maskapai penerbangan asing, khususnya yang berasal dari Timur Tengah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa maskapai penerbangan Timur Tengah sangat agresif dalam mengambil pasar penerbangan umroh dari Indonesia. “Paling berat persaingan dengan maskapai negara-negara Middle East. Apalagi di Indonesia potensi penerbangan umroh sangat besar dan terus meningkat,” kata dia.

Menurut Arif, maskapai penerbangan Timur Tengah cukup cerdas dalam menfaatkan bandara-bandara di sana sebagai hub transit bagi penumpang dari ASEAN. Tidak hanya untuk menuju kota-kota di Timur Tengah, tapi juga menuju ke berbagai kota di Eropa, Afrika, dan Amerika Serikat. “Selain low cost carrier, keunggulan maskspai Middle East adalah memanfaatkan bandara-bandara hub mereka sebelum ke Eropa atau negara tujuan lain. Seperti Doha, Abu Dhabi, dan sebagainya. Hal itu juga dilakukan maskapai Turki,” jelas Arif.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply