Garuda Indonesia Rencanakan Buka Penerbangan ke Wakatobi



Rute penerbangan di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah direncanakan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk diterbangi, sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata RI.

Seperti diungkapkan Vice President (VP) Corporate Communication PT Garuda Indonesia Benny S Butar Butar, sejumlah kajian di antaranya mengenai jarak tempuh rotasi pesawat, jenis pesawat yang akan mendarat di Bandara Matahora, termasuk pertimbangan tarif  subsidi perbulan dari pemerintah Wakatobi, tengah dilakukan pihaknya.

“Rute Pulau Wakatobi tetap dilayani Garuda. Tarif subsidi yang hingga kini belum ditetapkan pemda setempat, juga tidak akan menjadi hambatan, apalagi Lisensi penerbangan untuk sepuluh destinasi wisata prioritas Indonesia atau Bali Baru itu, dikeluarkan Juli 2017,” ujar Benny.

Sebelumnya, rencana kerja sama Pemerintah Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara dengan Maskapai Garuda Indonesia untuk membuka rute penerbangan baru dengan cara subsidi, tidak dicapai titik temu.

Menurut Pemerintah Kabupaten Wakatobi, usulan maskapai Garuda dengan memasang tarif subsidi sebesar Rp 1 miliar per bulan, terlalu tinggi. Dengan angka tersebut, tentu sangat memberatkan pemerintah setempat, mengingat masih banyak program pro rakyat priotitas yang membutuhkan anggaran.

Rute penerbangan baru maskapai Garuda pada sepuluh destinasi wisata prioritas itu, yakni Danau Toba Sumatera Utara (Sumut), Borobudur Jawa Tengah (Jateng), Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT), Bromo-Tengger-Semeru Jawa Timur (Jatim) dan Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Kemudian rute Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tanjung Lesung Banten, Morotai Maluku Utara (Malut), dan Tanjung Kelayang provinsi Bangka Belitung (Babel)

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply