Garuda Indonesia Berencana Buka Rute Perintis di Sulawesi Selatan



Beberapa rute baru berencana dibuka maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia dengan menyasar destinasi yang memiliki bandara perintis di Sulawesi Selatan. Seperti diungkapkan Sentot Mujiono, VP Region Kalimantan, Sulawesi & Papua-Garuda Indonesia, perseroan tengah menjajaki destinasi di antaranya Tana Toraja, Selayar dan Palopo.

Destinasi tersebut dinilai potensial karena memiliki daya tarik dari sisi pariwisata. “Kami saat ini tengah memantau pertumbuhan penumpang di tiga destinasi ini, namun memang trennya cukup baik, sangat potensial,” katanya dilansir Bisnis.com.

Sentot menuturkan, jika terealisasi, pesawat baling-baling jenis ATR72-600 akan digunakan untuk melayani penerbangan ke bandara perintis pada tiga destinasi tersebut. Disebutkan, selain memiliki potensi menarik kunjungan wisatawan, destinasi tersebut juga ditopang pertumbuhan ekonomi yang cukup agresif sehingga berpengaruh pada mobilitas masyrarakat dan membutuhkan moda transportasi yang cepat.

Terlebih, kondisi geografis tiga destinasi tersebut yang berada di daratan tinggi maupu kepulauan sehingga akses melalui darat dari Makassar membutuhkan waktu yang cukup lama jika ditempuh melalui jalur darat.

“Perencanaan sudah kami siapkan, untuk jadwal penerbangan memungkinkan dilayani tiga kali dalam sepekan. Tetapi itu tentu masih bisa berubah dengan melihat tren pasar penumpang udara untuk Toraja, Palopo dan Selayar,” paparnya.

Adapun untuk skala regional, urai Sentot, ekspansi layanan penerbangan perintis juga akan dilakukan pada sejumlah destinasi di Sulawesi, Papua dan Kalimantan.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply