Boeing 737 MAX 8 Raih Sertifikasi FAA



737MAX; 737MAX-8: Landing at Boeing Field; Seattle, WA; 2016-01-29; K66500-03

Pesawat narrow body terbaru dari pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing 737 MAX 8 resmi mendapatkan sertifikasi dari otoritas penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA), pada Kamis (9/3). Boeing saat ini sedang mempersiapkan pengiriman 737 MAX 8 pertama kepada maskapai penerbangan dalam beberapa bulan mendatang.

“Sertifikasi ini merupakan bukti nyata atas dedikasi dan komitmen dari seluruh tim kami di seluruh proses, dari desain pesawat hingga flight testing,” ujar Keith Leverkhuhn, Vice President & General Manager 737 MAX seperti yang dilansir di website Boeing.

“Tim Renton berharap dapat memberikan efisiensi, keandalan dan desain terbaik kepada pelanggan kami karena mereka mulai menerima pesawat 737 MAX mereka dalam beberapa bulan mendatang,” tambah Leverkuhn.

Untuk mendapatkan sertifikasi 737 MAX 8, Boeing melakukan test program yang komprehensif, yang dimulai lebih dari satu tahun lalu dengan empat unit pesawat, ditambaj uji coba di ground dan laboratorium. Dengan proses sertifikasi yang ketat, FAA memberikan Boeing sebuah Amended Type Certificate untuk 737 MAX 8, saat memverifikasi desain sesuai dengan peraturan penerbangan yang dibutuhkan serta aman dan reliable.

737 MAX 8 merupakan varian pertama yang dikembangkan pada keluarga 737 MAX, yang dirancang untuk memenuhi permintaan maskapai penerbangan pada heart of the single-aisle market. Menurut Boeing, 737 MAX 8 mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi CO2 sebesar 14 persen dibandingkan dengan pesawat berlorong tunggal (single-aisle) masa kini.

737 MAX dilengkapi dengan mesin CFM Internasional LEAP-1B, winglet terbaru yaitu Advanced Technology dan peningkatan lainnya untuk memberikan efisiensi, reliability dan kenyamanan penumpang yang tinggi pada pesawat berlorong tunggal. Boeing telah mencatat lebih dari 3.600 unit 737 MAX yang dipesan oleh 83 pelanggan di seluruh dunia, menjadikan 737 MAX sebagai pesawat dengan penjualan tercepat dalam sejarah Boeing.

Foto: Boeing

Be the first to comment

Leave a Reply