Agoes Soebagio: Penerbangan CI 762 Aman dan Layak Terbang



Foto: China Airlines

Agoes Soebagio, Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara,  membenarkan adanya insiden pada pesawat Boeing B777-300ER no penerbangan CI 762 yang dioperasikan oleh maskapai China Airlines di Parkir Stand D71 Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Kamis 6 Juli 2017. Namun demikian, setelah dilakukan pengecekan oleh teknisi China Airlines, pesawat dinyatakan aman dan laik terbang. Pesawat yang menerbangi rute Cengkareng – Taipe tersebut telah push back dan mengudara pada pukul 15.20 WIB.

“Dari laporan yang saya terima, pada pukul 13.50 WIB, pesawat dengan registrasi a/c B-I8055 itu mengalami trouble due to APU (auxilliary power unit) low oil pressure. Hal ini mengakibatkan terjadinya asap di exhaust APU. Namun pada sistem yang dimiliki Boeing 777-300ER, APU otomatis auto shut down. Setelah APU mati /shut down, oleh engineer-nya, APU dibuat tidak bekerja. Kemudian untuk starter engine dialihkan menggunakan ground power,” jelas Agoes.

Peristiwa tersebut terjadi saat pesawat siap-siap untuk boarding. Tiba – tiba saja pada bagian engine belakang (APU) pesawat mengeluarkan asap namun tidak ada percikan api. Hal ini menurut Agoes bisa terjadi apabila saat start engine ada udara kotor. Akibat insiden itu, Capt Pilot Ali Ibrahim dan Co Pilot Peng Chen Yin menunda keberangkatan dan meminta teknis untuk memeriksa kondisi pesawat.

Menurut Agoes, setelah dilakukan pemeriksaan oleh engineer China Airlines, pesawat dinyatakan clear dan dinyatakan aman dan laik terbang.

Pada saat kejadian tersebut, penumpang yang berjumlah 165 pax (14 bisnis, 10 premium dan 141 ekonomi) serta 17 crew tidak dievakuasi keluar pesawat sampai dengan proses clearance (izin terbang).

Namun dengan adanya pemeriksaan oleh tim teknisi, jadwal keberangkatan pesawat yang semula pukul 14.10 Wib mengalami keterlambatan dan baru terbang pukul 15.20 WIB dengan situasi aman dan kondusif.

Be the first to comment

Leave a Reply