Adi Soemarmo Solo Jadi Hub Lion Air Group



Lion Air Group menjadikan Bandara Adi Soemarmo Solo sebagai salah satu bandara pengumpul (Hub) dalam konektivitas penerbangannya. Penetapan Adi Soemarmo sebagai Hub Lion Air Group dilakukan 9 Oktober 2016 di Solo. Kegiatan yang juga dibarengi dengan peresmian pembukaan rute baru Solo-Banjarmasin itu dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Dengan ditetapkannya Solo sebagai hub, Lion Air Group akan segera membuka sejumlah rute baru dari Solo, antara lain dari dan menuju Banjarmasin, Lombok, Palangkaraya, Ujung Pandang, dan Pontianak. Selain itu, Lion Air Group juga akan menambah frekuensi penerbangan per hari dari/ke Solo, penambahan armada pesawat yang RON (Rest One Night) di Bandara Adi Soemarmo dari 2 unit armada menjadi 6 unit untuk melayani penerbangan di pagi hari dari Solo.

“Kami terus mengembangkan rute-rute yang akan diterbangi, baik domestik maupun internasional untuk menunjang kebutuhan masyarakat nusantara dalam bepergian serta mengajak dan membuka akses bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung, dan berlibur di Indonesia menikmati keindahan alam dan budaya, serta keberagaman hal-hal unik yang tentu akan menarik wisatawan asing,” ujar Edward Sirait, Presiden Direktur Lion Air Group.

Dalam waktu dekat Lion Air Group juga akan membuka beberapa rute baru dari Solo seperti menuju Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Bali, dan rute Internasional yaitu Kuala Lumpur, Malaysia. Rute – rute tersebut saat ini sedang dalam proses pengurusan izin di Kementerian Perhubungan.

“Apabila rute Solo ke Kuala Lumpur telah dapat kami terbangi maka penumpang dari Solo dapat melanjutkan perjalanannya ke beberapa negara seperti India, Pakistan, Nepal, dan Cina dengan menggunakan salah satu maskapai anak perusahaan Lion Air Group yang berbasis di Malaysia yaitu Malindo Air,” tutup Edward.

Foto: Joe Roland S Bokau