Perangkat Penyimpanan Eksternal

mentor

Perangkat Penyimpanan Eksternal adalah perangkat keras komputer yang dapat menyimpan data di luar memori utama komputer, memungkinkan Anda membawa dan mengakses file penting di mana saja.

Perangkat penyimpanan eksternal memainkan peran penting dalam era digital saat ini, di mana kita menghasilkan dan mengonsumsi data dalam jumlah besar. Dari dokumen, foto, hingga video, perangkat ini memberikan solusi penyimpanan yang andal dan portabel untuk semua kebutuhan data Anda.

Jenis Perangkat Penyimpanan Eksternal

Berbagai jenis perangkat penyimpanan eksternal tersedia, masing-masing dengan kapasitas dan fitur yang berbeda:

DVD

DVD (Digital Versatile Disc) adalah cakram optik yang dapat menyimpan hingga 4,7 GB data. Umumnya digunakan untuk menyimpan film, musik, dan perangkat lunak.

Jenis DVD meliputi:

  • DVD-R: Dapat ditulis sekali dan tidak dapat dihapus
  • DVD-RW: Dapat ditulis ulang beberapa kali
  • DVD+R: Mirip dengan DVD-R, tetapi menggunakan teknologi yang berbeda
  • DVD+RW: Mirip dengan DVD-RW, tetapi menggunakan teknologi yang berbeda

CD ROM

CD ROM (Compact Disc Read-Only Memory) adalah cakram optik yang hanya dapat dibaca dan menyimpan hingga 700 MB data. Umumnya digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak, musik, dan game.

Floppy Disk

Floppy Disk adalah media penyimpanan magnetik yang lebih tua yang dapat menyimpan hingga 1,44 MB data. Jarang digunakan saat ini karena kapasitasnya yang rendah dan daya tahan yang buruk.

Hard Disk

Hard Disk adalah perangkat penyimpanan massal yang menggunakan piringan magnetik berputar untuk menyimpan data. Kapasitasnya sangat bervariasi, dari beberapa gigabita hingga beberapa terabita. Umumnya digunakan sebagai perangkat penyimpanan eksternal portabel.

Baca Juga :  ** Tatanan Kata

Pembahasan dan Penjelasan Jawaban

Perangkat Penyimpanan Eksternal

Pertanyaan: Yang merupakan Perangkat external Storage yaitu?

Jawaban:

Jawaban A: DVD

DVD adalah perangkat penyimpanan eksternal yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar, menjadikannya jawaban yang tepat.

Jawaban B: CD ROM

Meskipun CD ROM adalah perangkat penyimpanan eksternal, namun hanya dapat dibaca, sehingga tidak memenuhi syarat sebagai jawaban yang benar.

Jawaban C: Program Storage

Program Storage bukanlah perangkat penyimpanan eksternal, melainkan istilah yang merujuk pada perangkat penyimpanan internal komputer.

Jawaban D: Floppy Disk

Floppy Disk adalah perangkat penyimpanan eksternal yang sudah ketinggalan zaman dan memiliki kapasitas yang sangat rendah, sehingga bukan jawaban yang tepat.

Jawaban E: Hard Disk

Hard Disk adalah perangkat penyimpanan eksternal yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar dan dapat dihubungkan secara eksternal ke komputer, sehingga menjadi jawaban yang benar.

Kesimpulan

penyimpanan eksternal komputer

Perangkat Penyimpanan Eksternal menawarkan solusi penyimpanan yang portabel dan andal untuk kebutuhan data Anda yang terus bertambah. Dari DVD hingga hard disk, berbagai jenis perangkat tersedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan penyimpanan, memungkinkan Anda membawa dan mengakses file penting di mana pun Anda berada.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags