Wow, Ada Wajah Jokowi di Pintu Toko




Wajah Jokowi di pintu toko. Foto: Karina Ayu.

Saat malam semakin larut, jalan-jalan lah ke Jalan Gatot Soebroto, Solo, Jawa Tengah. Di sana kita dapat menemukan aneka mural yang sepanjang  jalan itu. Kreatifitas seni para seniman muda Solo bisa kita lihat di sana.  Namun uniknya, mural yang dilukis tidak hanya pada dinding, tapi kebanyakan justru dilukiskan pada pintu-pintu toko (shopfront).

Mural warna-warni di Jalan Gatot Subroto

Media mural yang digambar pada pintu-pintu toko membuat kita lebih dapat menikmatinya saat malam semakin larut, setelah toko-toko tutup. Mural-mural tersebut dapat dilihat dengan jelas, orang yang lalu-lalang pun cenderung lebih sedikit. Atau bisa juga untuk datang dan melihat mural-mural cantik ini setelah matahari terbit, saat baru sedikit orang yang mulai beraktivitas.

Kreatifitas mural di kota Solo

Aneka mural di Jalan Gatot Subroto ini merupakan ide dari sekelompok muralis muda Solo. Berbagai macam tema mereka gambarkan mulai dari wajah Bapak Jokowi, Gesang (pencipta lagu ‘Bengawan Solo’), wanita pembatik, prajurit Keraton Solo, hingga wajah-wajah tokoh terkenal lainnya. Ada pula berbagai tema lain yang unik dan penuh warna yang bertemakan kekayaan kota Solo.

Pembatik digambarkan dalam bentuk mural