Waktu Permainan Softball: Durasi, Pembagian, dan Aturan

mentor

Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebut – Dalam permainan softball, waktu memegang peranan penting dalam mengatur jalannya pertandingan. Dari durasi keseluruhan hingga pembagian waktu per inning, setiap aspek waktu memiliki dampak yang signifikan pada strategi dan hasil pertandingan.

Artikel ini akan mengupas tuntas waktu yang digunakan dalam permainan softball, mulai dari durasi waktu, pembagian waktu dalam pertandingan, penentuan waktu istirahat, waktu pergantian pemain, hingga perpanjangan waktu.

Pengertian Waktu yang Digunakan dalam Permainan Softball

Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebut

Dalam permainan softball, waktu merupakan faktor penting yang mengatur jalannya pertandingan. Terdapat beberapa jenis waktu yang digunakan, yaitu:

Waktu Bermain

Waktu bermain dalam softball dibagi menjadi beberapa babak, umumnya tujuh babak. Setiap babak terdiri dari dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah.

Bagian atas merupakan giliran tim pemukul untuk memukul dan mencetak poin, sedangkan bagian bawah merupakan giliran tim bertahan untuk menangkap dan mematikan tim pemukul.

Waktu Batting

Waktu batting adalah waktu yang diberikan kepada pemukul untuk memukul bola. Dalam softball cepat, pemukul memiliki waktu sekitar 0,4 detik untuk memukul bola setelah dilempar oleh pitcher.

Sementara itu, dalam softball lambat, pemukul memiliki waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 1 detik untuk memukul bola.

Baca Juga :  Ayonyma: Pengertian, Jenis, dan Pengaruhnya dalam Komunikasi

Waktu Berlari

Waktu berlari adalah waktu yang diberikan kepada pelari untuk berlari dari base ke base atau mengelilingi base.

Dalam softball, pelari memiliki waktu sekitar 10 detik untuk mencapai base berikutnya, atau sekitar 27 detik untuk mengelilingi semua base.

Waktu Keluar

Waktu keluar adalah waktu yang diberikan kepada tim bertahan untuk mematikan pemain tim pemukul. Dalam softball, ada beberapa jenis waktu keluar, seperti:

  • Strikeout: Terjadi ketika pemukul gagal memukul bola sebanyak tiga kali.
  • Flyout: Terjadi ketika pemukul memukul bola tinggi dan ditangkap oleh pemain bertahan.
  • Groundout: Terjadi ketika pemukul memukul bola ke tanah dan ditangkap oleh pemain bertahan.

Durasi Waktu Permainan Softball: Waktu Yang Digunakan Dalam Permainan Softball Disebut

Dalam permainan softball, durasi waktu bermain bervariasi tergantung pada level dan aturan turnamen. Berikut adalah rincian umum durasi waktu permainan:

Babak Awal

Pada babak awal, pertandingan biasanya berlangsung selama 7 inning. Setiap inning terdiri dari setengah inning saat tim memukul dan setengah inning saat tim bertahan. Pertandingan berakhir ketika salah satu tim memenangkan 7 inning atau setelah 2 jam 15 menit, mana yang lebih dulu terjadi.

Babak Tambahan

Jika pertandingan seri setelah 7 inning, babak tambahan dimainkan untuk menentukan pemenang. Babak tambahan berlangsung selama inning tambahan hingga satu tim mencetak lebih banyak angka dibandingkan tim lainnya.

Babak Kejuaraan

Pada babak kejuaraan, durasi waktu permainan dapat bervariasi tergantung pada aturan turnamen. Umumnya, pertandingan babak kejuaraan dimainkan selama 7 inning atau 9 inning, dan dapat diperpanjang ke inning tambahan jika diperlukan.

Beberapa faktor dapat mempengaruhi durasi waktu permainan softball, seperti cuaca, jumlah angka yang dicetak, dan kemampuan tim untuk bermain cepat.

Baca Juga :  Pola Bunyi yang Berulang: Membentuk Makna, Komunikasi, dan Seni

Waktu dalam Permainan Softball

Dalam permainan softball, waktu sangat penting untuk menjaga kelancaran dan ketertiban pertandingan. Ada aturan yang jelas mengenai pembagian waktu dalam permainan, yang mencakup inning, waktu istirahat, dan waktu pergantian pemain.

Inning

Permainan softball terdiri dari tujuh inning. Setiap inning dibagi menjadi dua bagian: bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian atas, tim tamu memukul, sedangkan tim tuan rumah bertahan. Pada bagian bawah, tim tuan rumah memukul dan tim tamu bertahan. Satu inning selesai ketika tiga pemain dari tim yang memukul mati.

Waktu Istirahat

Ada dua jenis waktu istirahat dalam permainan softball: waktu istirahat inning dan waktu istirahat untuk pergantian pemain. Waktu istirahat inning diberikan selama dua menit di antara inning, sementara waktu istirahat untuk pergantian pemain diberikan selama satu menit ketika seorang pemain baru memasuki lapangan.

Waktu Pergantian Pemain

Waktu pergantian pemain diberikan kepada tim yang bertahan ketika mereka ingin mengganti pemain. Tim yang bertahan memiliki waktu satu menit untuk mengganti pemain, mulai dari saat pemain baru memasuki lapangan hingga pemain lama meninggalkan lapangan.

Penentuan Waktu Istirahat

Waktu istirahat dalam permainan softball diberikan pada situasi tertentu untuk memungkinkan pemain beristirahat dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan permainan.

Durasi dan Penentuan

Durasi waktu istirahat biasanya 1-2 menit. Penentuan waktu istirahat dilakukan oleh wasit atau pencatat waktu atas permintaan manajer tim atau pemain.

Situasi yang Memerlukan Waktu Istirahat

  • Pergantian pitcher
  • Pemanasan pemain pengganti
  • Perawatan cedera pemain
  • Konferensi antara wasit dan manajer
  • Perubahan kondisi lapangan

Dampak Waktu Istirahat

Waktu istirahat dapat memberikan keuntungan bagi tim yang menggunakannya secara strategis. Tim dapat menggunakan waktu istirahat untuk mengumpulkan pikiran mereka, melakukan penyesuaian taktis, atau memberikan istirahat kepada pemain yang kelelahan.

Baca Juga :  Alat Gambar untuk Beragam Teknik Menggambar

Waktu Pergantian Pemain

Pergantian pemain dalam softball adalah bagian penting dari permainan, memungkinkan tim untuk menyesuaikan strategi dan mengatasi kelemahan pemain lawan. Waktu pergantian pemain dibatasi oleh aturan, dan penting bagi tim untuk mematuhinya untuk menghindari penalti.

Situasi yang Memungkinkan Pergantian Pemain

Pergantian pemain dapat dilakukan dalam beberapa situasi:

  • Saat pemukul keluar
  • Saat pelari mencapai base
  • Saat terjadi kesalahan
  • Saat terjadi cedera atau pengusiran

Prosedur Pergantian Pemain

Untuk melakukan pergantian pemain, tim harus memberi tahu wasit dan menunjuk pemain pengganti. Pergantian pemain harus dilakukan sebelum lemparan berikutnya. Pemain yang digantikan harus segera meninggalkan lapangan, dan pemain pengganti harus memasuki lapangan dan mengambil posisi yang ditugaskan.

Batas waktu untuk pergantian pemain adalah 30 detik. Jika tim gagal menyelesaikan pergantian dalam waktu tersebut, pemain pengganti tidak akan diizinkan bermain dan pemain yang digantikan akan tetap berada di lapangan.

Strategi Pergantian Pemain

Manajer tim menggunakan strategi pergantian pemain untuk memaksimalkan kekuatan tim dan mengeksploitasi kelemahan lawan. Beberapa strategi umum meliputi:

  • Memasukkan pemukul pinch-hitter untuk mendapatkan pukulan yang tepat waktu
  • Memasukkan pelari pinch-runner untuk meningkatkan kecepatan di base
  • Memasukkan pemain bertahan pengganti untuk memperkuat pertahanan
  • Mengganti pitcher untuk mengubah kecepatan atau gaya lemparan

Perpanjangan Waktu

Dalam permainan softball, perpanjangan waktu dapat terjadi ketika pertandingan berakhir imbang pada akhir waktu reguler. Tujuan perpanjangan waktu adalah untuk menentukan pemenang pertandingan.

Kondisi Perpanjangan Waktu, Waktu yang digunakan dalam permainan softball disebut

Perpanjangan waktu terjadi ketika:

  • Pertandingan berakhir imbang setelah 7 inning (6 inning untuk softball cepat)
  • Kedua tim memiliki jumlah run yang sama pada akhir inning terakhir

Prosedur Perpanjangan Waktu

Perpanjangan waktu dimainkan dalam inning tambahan dengan durasi 1 inning. Inning tambahan terus dimainkan hingga salah satu tim berhasil mencetak lebih banyak run daripada tim lawan.

Aturan yang berlaku selama perpanjangan waktu sama dengan aturan selama waktu reguler, kecuali:

  • Tidak ada batasan jumlah inning yang dapat dimainkan
  • Tim yang mencetak run pertama pada inning tambahan dinyatakan sebagai pemenang

Contoh Perpanjangan Waktu

Berikut adalah beberapa contoh perpanjangan waktu dalam pertandingan softball terkenal:

  • Pada Seri Dunia Softball Wanita 2018, Amerika Serikat mengalahkan Jepang dalam 10 inning tambahan
  • Pada Kejuaraan Softball Perguruan Tinggi Divisi I NCAA 2019, Oklahoma mengalahkan UCLA dalam 11 inning tambahan

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.