Fri. Jul 19th, 2019

Uji 50 Proyek Teknologi Penerbangan Selama 2019, Boeing Luncurkan Wahana Uji Berbasis B777

Boeing luncurkan wahana uji berbasis pesawat 777 untuk program ecoDemonstrator. Sumber gambar: Boeing.

Boeing meluncurkan wahana uji terbang berbasis pesawat 777 untuk menguji 50 proyek selama tahun 2019. Peluncuran tersebut merupakan bagian dari program ecoDemonstrator. Pengujian berlangsung di Bandar Udara Frankfurt, Jerman.

Disebutkan perusahaan dalam keterangan resminya yang IndoAviation terima (2//7/2019), wahana tersebut diluncurkan untuk mengkaji teknologi-teknologi baru untuk dapat mengatasi berbagai tantangan nyata bagi para operator dan penumpang pesawat udara. Hal ini meliputi peningkatan keamanan dan teknologi ramah lingkungan hingga peningkatan pengalaman terbang.

“Ini adalah tambahan terkini untuk program eco-Demonstrator kami, di mana kami mengamati bagaimana kru dan penumpang dapat memperoleh pengalaman yang lebih baik dan bagaimana teknologi dapat meningkatkan keamanan, efisiensi dan kenyamanan perjalanan udara,” kata Wakil Presiden Strategi Produk dan Pengembangan Pesawat Masa Depan, Pesawat Komersial Boeing, Mike Sinnett.

“Menggunakan wahana uji terbang pesawat 777 memungkinkan kami untuk belajar dan meneruskan upaya pengembangan dengan lebih cepat serta mendefinisikan nilai produk dengan lebih seksama.”

Sejumlah teknologi yang diuji tahun ini dalam program ecoDemonstrator antara lain adalah:

  • Berbagi informasi digital antara pemandu lalu lintas udara (ATC), layar kokpit (flight deck) dan pusat operasional maskapai penerbangan untuk efisiensi dan keamanan rute penerbangan yang optimal.
  • Sebuah aplikasi kantong penerbangan elektronik yang memanfaatkan komunikasi generasi mendatang yang secara otomatis memberikan informasi perubahan rute kepada pilot karena kondisi cuaca.
  • Teknologi kabin yang saling terhubung yang membuat ruang dapur (galleys) dan kamar kecil lebih cerdas, dan memonitor kondisi kabin seperti suhu dan kelembaban untuk memfasilitasi penyesuaian secara otomatis.
  • Kamera untuk memberikan pemandangan suasana di luar pesawat terbang kepada penumpang.

Program ecoDemonstrator Boeing diterbangkan pertama kali pada tahun 2012. Lima pesawat terbang yang terdiri dari jenis 737-800, 787-8 Dreamliner, 757, Embraer E170 dan 777 Freighter (kargo), telah menguji 112 teknologi hingga tahun 2018.

Lebih dari sepertiga teknologi-teknologi ini telah mengalami transisi untuk diterapkan pada Boeing atau oleh program mitra Boeing. Hampir setengahnya masih dikembangkan lebih lanjut, sementara pengujian proyek-proyek lain tidak dilanjutkan setelah penelitian selesai.

Bagian utama dari program ecoDemonstrator adalah kolaborasi dengan mitra industri untuk bersama menguji teknologi dan berbagi pembelajaran yang dapat memajukan dunia aviasi. Lebih dari satu lusin mitra berpartisipasi dalam program tahun 2019, termasuk suatu konsorsium industri yang membangun iCabin, standar konektivitas untuk kabin-kabin masa depan yang terhubung.

Sebagian besar uji terbang akan terbang dengan bahan bakar penerbangan yang berkelanjutan untuk mengurangi emisi karbondioksida dan menunjukkan kelayakan bahan bakar.

Baca juga ini ya...