Tiba di Pangkalan Gimhae, A330 MRTT Perdana RoKAF Uji Penerimaan




korea selatan
Pesawat Aribus A330 MRTT perdana milik Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF). Foto: Airbus.

Unit perdana armada pesawat angkut tanker multiperan (Multi Role Tanker Transport/MRTT) Airbus A330 pesanan Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF) telah tiba di Pangkalan Gimhae, Buzan untuk menjalani uji penerimaan. Secara total RoKAF memesan empat unit pesawat tersebut.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Airbus (Senin, 12/11/2018), disebutkan bahwa pesawat diterbangkan kru Airbus bersama dengan kru RoKAF. Sebelum tiba di Gimhae, Korea Selatan, pesawat transit di Vancouver, Kanada, setelah melakukan penerbangan feri dari Jalur Perakitan Final Airbus di Getafe, Spanyol.

Pesawat A330 MRTT sekarang bersiap menjalani uji terbang dan uji lapangan di Gimhae. Personel RoKAF akan didukung tim Airbus yang berbasis di Korea Selatan selama dilakukannya pengujian hingga pesawat secara resmi diserahterimakan ke operator. Namun Airbus tidak menyebutkan berapa lama pengujian itu akan berlangsung.

Airbus berharap pengiriman keempat A330 MRTT akan selesai pada akhir 2019. Dengan diperkuat pesawat angkut tanker multiperan tersebut, RoKAF semakin memperluas jangkauan pesawat tempurnya hingga ke Korea Utara dan meningkatkan operasi strategis yang lebih luas di Semenenjung Korea.

Sebelum mengakuisisi A330 MRTT produksi Airbus, RoKAF juga menerima tawaran pesawat sejenis dari Boeing dan Israel Aerospace Industrie (IAI). Boeing menawarkan platform KC-46A Pegasus, sementara IAI menyuguhkan pesawat Angkut Tanker Multimisi (MMTT) berbasis platform B737-300. Namun pada akhirnya RoKAF memilih produk buatan Airbus melalui kesepakatan senilai 1,4 triliun Won Korea (sekitar 1,2 miliar Dolar AS) yang ditandatangani pada tahun 2015.




Ayo baca ini juga….