Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jadi Bandara Terbaik Tahun Ini




terminal 3
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarnoo-Hatta dinobatkan sebagai bandara nasional terbaik tahun ini di ajang Bandara Award ke-10 yang digelar Jum’at (7/12/2018) malam di Jakarta. Foto: Ery.

Dalam ajang Bandara Awards ke-10 yang digelar Jum’at (7/12/2018) malam di Jakarta, Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai bandara nasional terbaik tahun ini. Acara ini merupakan perhelatan tahunan yang diselenggarakan Majalah Bandara.

Chairman Bandara Indonesia Group, Erwin Nurdin dalam pidato sambutannya mengatakan, Terminal 3 Bandara Soekarko Hatta menyisihkan 104 bandara lainnya yang menjadi objek disurvei.

“Survei tahun ini mulai bulan April hingga Oktober 2018, dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh  penumpang pesawat di 105 bandara,” ujarnya.

Dijelaskannya, Bandara Awards merupakan apresiasi yang diberikan oleh Majalah Bandara kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara. Apresiasi itu didasarkan atas survei langsung ke seluruh bandara yang ada di Indonesia.

Hasil survei itu dijadikan acuan Dewan Juri untuk menentukan bandara-bandara yang layak memperoleh penghargaan.

Para Dewan Juri dalam ajang ini antara lain adalah dua wartawan penerbangan paling senior Dudi Sudibyo dan Ninok Laksono; Herry Bakti S Gumay sebagai Ketua Dewan Juri, Sapta Nirwandar, Tengku Burhanuddin, dan Polana B. Pramesti yang belum lama menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Pada kesempatan yang sama, Herry menuturkan, Bandara Award merupakan penghargaan kepada para pengelola bandara di Indonesia yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna bandara.

“Acara yang digelar setiap tahun ini bertujuan untuk mendorong para pengelola bandara semakin meningkatkan pelayanan jasa bandara, menjadi semakin baik dan kompetitif, menuju standar pelayanan bertaraf kelas dunia sehingga mampu meningkatkan citra penerbangan nasional dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Komunikasi dan Hukum Senior Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang menyampaikan, raihan penghargaan tersebut melengkapi berbagai pencapaian bandara ini di tahun 2018.

Sebelumnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan oleh OAG Megahubs International Index 2018, sebagai bandara Megahub dengan indeks konektivitas internasional terbaik ke-10 dari 50 bandara Internasional terbaik di dunia.

“Kami sadar dan bersyukur kinerja kami sangat diperharikan oleh pengguna jasa. Setiap awards yang kami terima menjadikan kami untuk terus memacu perbaikan layanan kami untuk terus lebih dan lebih dari pencapaian yang ada saat ini,” ucap Febri.

Jumlah peserta tahun ini sebanyak 103 bandara (105 Terminal), terdiri dari 13 bandara Angkasa Pura I, 15 bandara Angkasa Pura II, dan 75 bandara Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I, II, III dan Bandara Khusus yang melayani Penerbangan Perintis.

Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), dinilai terpisah untuk masing-masing terminalnya, karena mempertimbangkan jumlah pergerakan penumpang yang besar. Berdasarkan hasil keseluruhan Dewan Juri menetapkan 20 bandara peraih penghargaan Bandara Award 2018.

Berikut daftar lengkap bandara peraih penghargaan di ajang Bandara Awards 2018:

Bandara Terbaik di UPBU Kelas III Penerbangan Perintis

UPBU Dabo (SIQ), Singkep (Juara 1)

UPBU Andi Jemma (MXB), Masamba (Juara 2)

Bandara Terbaik di UPBU Kelas III Penerbangan Komersial

UPBU Tunggul Wulung (CXP), Cilacap (Juara1)

UPBU Melalan (MLK), Melak (Juara 2)

UPBU Tanjung Api (AMP), Ampana (Juara 3)

UPBU Aek Godang (AEG), Padang Sidempuan (Juara 3)

UPBU Maimun Saleh (SBG), Sabang (Juara 3)

Bandara Terbaik di UPBU Kelas II

UPBU Abdulrachman Saleh (MLG), Malang (Juara 1)

UPBU Tambolaka (TMC), Sumba Barat Daya (Juara 2)

UPBU Komodo (LBJ), Labuan Bajo (Juara 3)

Bandara Terbaik di UPBU Kelas I

UPBU Kalimarau (BEJ), Berau (Juara 1)

UPBU Haluoleo (KDI), Kendari (Juara 2)

UPBU Radin Inten II (TKG), Lampung (Juara 3)

Bandara Terbaik PT. Angkasa Pura II

Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 (CGK 3), Tangerang (Juara 1)

Bandara Kualanamu (KNO), Medan (Juara 2)

Bandara Depati Amir (PGK), Pangkal Pinang (Juara 3)

Bandara Terbaik di PT. Angkasa Pura I

Bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali (Juara 1)

Bandara S.A Muhammad Sulaiman (BPN), Balikpapan (Juara 2)

Bandara Ahmad Yani (SRG), Semarang (Juara 3)




Ayo baca ini juga….