Fri. Jul 19th, 2019

Tengah Bulan Ini Akan Ada 2 Maskapai Terbangi Rute Baru dari YIA

Gedung Terminal Internasional Bandara Internasional Yogyakarta. Sumber gambar: BKIP Kemenhub.

Pada pertengahan bulan ini maskapai AirAsia Indonesia akan membuka penerbangan perdana di Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sementara, Batik Air akan menambah rute YIA-Denpasar.

“Pekan depan akan ada dua rute baru. AirAsia membuka penerbangan perdana YIA-Lombok, dan Batik Air menambah rute YIA-Denpasar,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM YIA, Agus Pandu Purnama di Yogyakarta, Rabu (10/7/2019).

Saat ini penerbangan reguler di YIA baru dilayani Citilink Indonesia pada rute Jakarta (HLP)-YIA pp. Sedangkan Batik Air melayani empat penerbangan, dua rute Jakarta (CGK)-YIA pp, YIA-Palangkaraya pp dan YIA-Samarinda pp.

Penambahan dua rute tersebut merupakan perpindahan operasional penerbangan yang sebelumnya dilayani melalui Bandara Adisutjipto, Maguwo, Yogyakarta.

Setidaknya ada 65 penerbangan yang akan dipindah dari Maguwo ke Kulonprogo saat YIA sudah beroperasi secara penuh.

“Bulan Oktober nanti juga ada 65 penerbangan di Adisutjipto akan dipindah ke YIA,” ujar Pandu.

Pandu menyebutkan, selama bulan Mei tercatat ada 62 penerbangan di YIA dengan jumlah penumpang mencapai 2.935 orang. Sedangkan untuk bulan Juni melonjak menjadi 290 penerbangan dengan total 27.717 penumpang.

Baca juga ini ya...