Teknologi Plasmid Untuk Memproduksi Insulin

mentor

Insulin, hormon penting yang mengatur kadar gula darah, telah menjadi subjek penelitian medis yang intensif. Dengan kemajuan teknologi plasmid, produksi insulin telah mengalami revolusi, memungkinkan pasokan yang berkelanjutan dan hemat biaya.

Teknologi plasmid berpusat pada manipulasi molekuler untuk memasukkan gen yang diinginkan ke dalam organisme lain. Dalam kasus produksi insulin, gen insulin diisolasi dari sumber alami dan dimasukkan ke dalam plasmid, potongan kecil DNA melingkar. Plasmid ini kemudian ditransfer ke bakteri, di mana ia mereplikasi diri dan menghasilkan insulin.

Tahap Teknologi Plasmid

Pemotongan Plasmid

Plasmid pertama-tama harus dipotong untuk membuat lokasi penyisipan bagi gen insulin. Enzim restriksi, gunting molekuler, digunakan untuk membuat potongan spesifik pada plasmid, menghasilkan ujung lengket yang saling melengkapi.

Pemotongan Gen Insulin

Gen insulin juga dipotong menggunakan enzim restriksi yang sama. Hal ini menghasilkan ujung lengket yang cocok dengan ujung lengket pada plasmid yang telah dipotong.

Cangkok ke Bakteri Plasmid

Gen insulin yang telah dipotong kemudian dicangkok ke plasmid menggunakan ligase DNA, enzim yang menyatukan ujung-ujung lengket. Plasmid yang telah direkayasa ini, sekarang mengandung gen insulin, siap ditransfer ke bakteri.

Pembahasan dan Penjelasan

insulin langkah skema memproduksi percobaan hormon perhatikan genetika berikut rekayasa berdasarkan tahap

Proses teknologi plasmid melibatkan beberapa langkah kompleks yang saling bergantung:

Pemilihan Bakteri

Bakteri yang digunakan sebagai inang untuk produksi insulin dipilih karena kemampuannya tumbuh dengan cepat dan efisien. Spesies bakteri yang umum digunakan adalah Escherichia coli.

Kloning Gen

Setelah plasmid yang telah direkayasa ditransfer ke bakteri, bakteri akan mereplikasi plasmid dan gen insulin yang terkandung di dalamnya. Proses ini disebut kloning gen, menghasilkan banyak salinan gen insulin.

Baca Juga :  Pakaian Wukuf

Ekspresi Gen

Untuk menghasilkan insulin, gen insulin yang diklon harus diekspresikan. Bakteri dimodifikasi untuk mengandung promotor, urutan DNA yang mengontrol ekspresi gen. Ketika promotor diaktifkan, gen insulin ditranskripsi menjadi RNA, yang kemudian diterjemahkan menjadi insulin.

Pemurnian Insulin

Insulin yang dihasilkan oleh bakteri dikumpulkan dan dimurnikan untuk menghilangkan kontaminan. Proses pemurnian melibatkan beberapa langkah, seperti sentrifugasi, filtrasi, dan kromatografi.

Kesimpulan

microbiology genetic dna engineering insulin recombinant technology human tools microbes gene diagram bacteria plasmid into cell bacterial transgenic recombination cloning

Teknologi plasmid telah merevolusi produksi insulin, menyediakan cara yang efisien dan hemat biaya untuk memenuhi permintaan insulin yang terus meningkat. Dengan kemajuan berkelanjutan dalam rekayasa genetika, teknologi ini kemungkinan akan terus memainkan peran penting dalam menyediakan terapi insulin yang aman dan efektif bagi jutaan orang yang hidup dengan diabetes.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags