Su-57 Bakal Dilengkapi Rudal Hipersonik Sekelas Kinzhal




su-57
Jet tempur generasi kelima Rusia, Sukhoi Su-57. Kredit: worldwarwings.com.

Pesawat tempur generasi kelima buatan Rusia, Sukhoi Su-57 bakal dilengkapi dengan rudal hipersonik dengan karakteristik serupa rudal Kinzhal.

“Sesuai dengan Program Persenjataan Negara Rusia 2018-2017, jet tempur Su-57 akan dilengkapi dengan rudal hipersonik. Jet-jet tempur tersebut akan menerima rudal dengan karakteristik yang mirip dengan rudal Kinzhal, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil,” cetus seorang sumber dari industri pesawat kepada TASS, Kamis (6/12/2018).

Sayangnya, sumber tersebut tidak memberikan rincian tentang karakteristik khusus dari rudal baru tersebut maupun klarifikasi kapan rudal itu menjalani uji.

Namun, Kantor Berita Rusia itu menegaskan bahwa mereka tidak ada konfirmasi resmi terkait hal itu.

Seperti kita ketahui, MiG-31K adalah pesawat tempur Angkatan Laut Rusia yang telah dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal. Rudal tersebut praktis tidak dapat dideteksi dengan sistem pertahanan udara modern.

Menurut sumber lain, seperti disebutkan TASS, rudal Kinzhal dirancang berdasarkan sistem pertahanan rudal berbasis darat Iskander. Kinzhal mampu menjangkau target berjarak lebih dari 2.000 km.




Ayo baca ini juga….