Sri Lanka juga Unik Sebagai Destinasi Liburan




Perjalanan kereta di Sri Lanka
Perjalanan kereta di Sri Lanka

Popularitas Sri Lanka soal destinasi liburan harus bersaing ketat dengan tetangganya, Maladewa dan India. Negara pulau yang dulu dikenal dengan nama Ceylon ini konon memiliki sejarah yang cukup panjang hingga 3.000 tahun berkat lokasi strategisnya yang pernah jadi tempat perhentian di Jalur Sutra. Kini negara yang populer dengan produksi tehnya ini mulai diincar para pejalan. Bahkan jaringan hotel berbintang kelas dunia pun mulai mendeteksi potensi wisata Sri Lanka dan berlomba-lomba menanamkan investasi di negara ini. Berikut adalah alasan kenapa Sri Lanka juga harus Anda agendakan sebagai tujuan berlibur:

Perjalanan Naik Kereta
Kereta api di Sri Lanka cukup populer sebagai alat transportasi. Cobalah rute kereta dari Kolombo menuju Jaffna yang akan membuat kamera bakal sibuk bekerja. Rute dari Kandy menuju Ella menggunakan lokomotif tua juga layak dipertimbangkan bagi penyuka fotografi perjalanan.

Banyak Hotel Baru
Tak perlu khawatir untuk mencari penginapan di Sri Lanka, karena kini banyak jaringan hotel internasional yang mulai membuka cabangnya di sini. KK Beach adalah salah satunya, dengan mengandalkan beach club Anantara Resort miliknya yang juga populer. pun membuka propertinya di sini.

Pantai-pantai Sunyi
Bila bosan dengan pantai-pantai turistik yang disesaki turis, Sri Lanka memiliki Uppuveli dan Nilaveli yang dikaruniai pasir lembut sepanjang bibir pantai dan sepi turis. Penginapan di kawasan ini pun juga cukup banyak tersedia.

Petualangan di Sigiriya
Atraksi wisata paling populer ini mengajak pengujungnya untuk bertualang di sebuah batu besar yang kaya akan sejarah. Sigiriya dalam literasi lokal berarti ‘batu singa’ dan dibangun pada tahun 477. Situs Warisan Dunia UNESCO ini tingginya sekitar 200 meter. Untuk menggapai puncaknya, pengunjung harus menyiapkan stamina ekstra karena anak tangga yang tersedia cukup sempit dan di beberapa bagian bahkan nyaris tegak lurus posisinya.

Festival yang Instagenik
Banyak yang belum tahu bahwa Sri Lanka sebetulnya salah satu pemilik festival paling banyak di dunia. Hampir tiap bulan negara ini merayakan keanekaragaman budayanya melalui banyak acara. Di antaranya adalah Sinhala (perayaan tahun baru) di bulan April, Poson Poya (perayaan masuknya Buddha di Sri Lanka), Kandy Esala Perahera atau disebut Tooth Festival, dan Kataragama Festival (perayaan agama Hindu) di kota suci Kataragama. Bagi para aktivis Instagram, ini saatnya Anda berburu foto menarik!

Golden Temple Sri Lanka
Golden Temple Sri Lanka

Surga Surfing
Bagi penyuka selancar, Sri Lanka adalah bucket-list! Jangan kaget di sini terdapat banyak terdapat sekolah selancar profesional. Di bulan April dan November, kawasan pantai barat memiliki ombak terbaik dalam sepanjang tahun. Sementara di kawasan pantai selatan, hampir sepanjang tahun dikaruniai cuaca cerah. Beberapa tempat populer untuk berselancar adalah Midigama, Weligama, Mirissa, Hikkaduwa Reef, Unawatuna, dan Arugam.

Berburu Makanan Lokal
Kalau suka makanan pedas, Sri Lanka adalah tempatnya! Umumnya masakan Sri Lanka mudah diterima lidah Indonesia mengingat bumbu-bumbu yang dipakai pun tak jauh berbeda terutama bagi penikmat makanan berkari. Kottu (disajikan mirip nasi goreng, berbahan dasar potongan roti), kukul mas (ayam kari), dan lamparis (nasi bungkus dan daging) adalah beberapa yang wajib dicoba.

Gua Paling Indah
Sri Lanka juga menyajikan keindahan di perut bumi. Caving adalah salah satu andalan untuk pariwisata di sini mengingat negeri ini juga memiliki banyak gua bersejarah. Belilena adalah salah satu yang populer dan sering dikunjungi turis. Gua yang berjarak tempuh dua jam berkendara dari Kolombo ini menyimpan sejarah Sri Lanka dari 12.000 tahun silam. Di dalamnya juga terdapat danau yang belum sepenuhnya diteliti manusia. Kunjungi juga Dambula, kuil Buddha yang dibangun di dalam gua.

 

Sumber artikel ini di sini: TravelEtc.id




Ayo baca ini juga….