Sun. Apr 21st, 2019

Sepanjang Maret Jumlah Penumpang Grup SIA Naik 6,2 Persen

singapore airlines

Sepanjang Maret 2019, jumlah penumpang yang diangkut Grup Singapore Airlines (SIA) mengalami peningkatan sebesar 6,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Persentase tersebut berdasarkan perhitungan jumlah penumpang per kilometer.

Pertumbuhan kapasitas (kursi per kilometer) Grup SIA juga meningkat sebesar 8,1%. Namun demikian, tingkat keterisian penumpang (PLF) grup maskapai asal Singapura ini mengalami penurunan sebesar 1,4 poin, persentase menjadi 81,5%.

Secara parsial, tingkat keterisian penumpang SIA mengalami penurunan sebesar 1,2 poin, persentase menjadi 81,0%. PLF juga menurun pada seluruh wilayah atau rute, kecuali Asia Barat dan Afrika. Sementara peningkatan kapasitas yang signifikan terjadi di wilayah Amerika.

Namun jumlah penumpang yang diangkut meningkat sebesar 6,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, berlawanan dengan penambahan kapasitas sebesar 8,3%.

Untuk SilkAir, jumlah penumpang yang diangkut mengalami peningkatan sebesar 1,6%, berlawanan dengan penurunan kapasitas sebesar 1,9%. Penurunan kapasitas sebagian disebabkan oleh penarikan sementara armada Boeing 737 MAX 8 dari layanan. Sedangkan PLF mengalami peningkatan sebesar 2,6 poin menjadi 75,4%.

Scoot mencatat pertumbuhan jumlah penumpang yang diangkut sebesar 6,3%, berlawanan dengan pertumbuhan kapasitas sebesar 10,9%. Hal ini menyebabkan penurunan 3,7 poin persentase PLF menjadi 85,5%. Tingkat keterisian penumpang mengalami peningkatan di wilayah Asia Barat, sedangkan wilayah Asia Timur dan wilayah lainnya mencatat penurunan.

Sementara itu, tingkat keterisian kargo menurun sebesar 2,2 poin persentase. Lalu lintas kargo (tonase kargo per kilometer) menurun sebesar 0,4%, berlawanan dengan  pertumbuhan kapasitas sebesar 3,2%. Tingkat keterisian kargo di seluruh wilayah tercatat mengalami penurunan.

Baca juga ini ya...