Sejumlah Maskapai Ramaikan Penerbangan di Bandara APT Pranoto




penerbangan
Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur. Foto: Istimewa.

Pasca diresmikan pada 25 Oktober lalu, sejumlah maskapai mulai meramaikan penerbangan di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto. Hal ini lantaran bandara yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur ini telah dapat didarati pesawat jet jenis Airbus 320, Boeing 737-800 ER dan Boeing 737-900 ER.

Sebelumnya bandara ini hanya melayani penerbangan rute pendek dengan pesawat jenis ATR 42.

Saat ini baru Batik Air maskapai penerbangan yang telah mendapatkan izin terbang dari Ditjen Perhubungan Udara untuk melayani rute Jakarta-Samarinda. Rencananya maskapai ini akan melayani rute Jakarta menuju Samarinda PP sebanyak 5 kali dalam seminggu menggunakan armada A320.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi para maskapai penerbangan yang akan segera beroperasi melayani penerbangan dari kota-kota besar seperti Jakarta.

Maskapai lain yang telah mengantongi izin rute penerbangan dari dan ke Samarinda antara lain Travel Express. Maskapai ini akan melayani rute Samarinda-Berau PP 7 kali seminggu, Samarinda-Melak PP 7 kali seminggu dan Samarinda-Tanjung Selor PP 3x seminggu menggunakan pesawat jenis ATR.

Selain itu, Susi Air akan melayani rute Samarinda-Balikpapan PP setiap harinya dengan pesawat jenis Cessna.

“Saya harap dengan beroperasinya bandara ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Samarinda yang akan bepergian serta dapat meningkatkan perekonomian dan wisata di Samarinda,” ujar Budi di Jakarta, Jum’at (16/11/2018).

Bandara APT Pranoto Samarinda mulai dibangun Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2011. Bandara ini memiliki runway 2.250 m x 45 m, taxiway berukuran 173 m x 23 m dan apron 300 m x 23 m.

Bandara ini memiliki Gedung hangar seluas 36.342 m2 dan Gedung terminal penumpang seluas 12.700 m, yang mampu menampung penumpang dengan kapasitas 1.5juta penumpang per tahun.




Ayo baca ini juga….