Tahun Depan Russian Helicopters Kirim Mi-38T Pesanan Kemhan Rusia




russian helicopters
Prototipe kedua helikopter Mil Mi-38. Foto: AviaMuseum.

Helikopter terbaru Rusia, Mil Mi-38T sukses melaksanakan debut terbangnya pada 3 November lalu. Heli jenis angkut dan pendarat pasukan ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan Russian Helicopters Group (afiliasi Rostec) untuk memenuhi kebutuhan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia.

“Pada Sabtu (3/11/2018), helikopter Mi-38 yang dikembangkan untuk militer menorehkan terbang perdana,” kata Kepala Russian Helicopters Group Andrei Boginsky saat berlangsungnya perhelatan Airshow China, Kamis (8/11/2018), menukil kantor berita Rusia, TASS.

Dituturkannya, prototipe helikopter tersebut dibuat dengan biaya perusahaan berdasarkan penugasan teknis di bawah kontrak antara pabrik dengan Kemhan Rusia.

“Kami memiliki kontrak dengan Kementerian Pertahanan untuk mengirim dua Mi-38 tahun depan dan kami hanya melakukan pekerjaan untuk menerapkan kontrak ini,” terang Boginsky.

Russian Helicopters meningkatkan kemampuan Mi-38, yang semula hanya mampu mengangkut muatan seberat 6 ton, kini menjadi 8 ton. Dengan begitu, utilitas helikopter ini menjadi semakin luas.

Helikopter multiguna kelas menengah ini memegang ceruk antara Mi-8 dan heli kelas berat Mi-26. Mi-38 dapat digunakan sebagai armada pengangkut kargo maupun pasukan atau penumpang.

Heli tersebut juga bisa mengemban tugas untuk misi pencarian dan pertolongan (SAR) dan penerbangan di atas permukaan air.

Helikopter dalam konfigurasi militer didukung dengan mesin TV-7-11V yang diproduksi pabrik mesin domestik. Mesin tersebut digadang memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Selain itu, helikopter ini juga dilengkapi dengan perangkat navigasi digital yang meringankan beban kerja pilot.

Boginsky sebelumnya pernah mengatakan bahwa Russian Helicopters berencana untuk mengirimkan unit pertama helikopter Mi-38T ke Angkatan Darat Rusia pada 2019.




Ayo baca ini juga….