Rupanya di Tiap Sudut Bandara Sheremetyevo Ada Kios Berderet-deret




Bandara Sheremetyevo, Moscow. Foto: Reni Rohmawati.
Bandara Sheremetyevo, Moscow. Foto: Reni Rohmawati.

Assalamualaikum semua …

Masuk gerbang Terminal D Bandara Internasional Sheremetyevo (SVO) di Moskow, kios (tenant) bar & kitchen dan toko makanan ringan menyambut. Di depannya, kios self check in dan konter check in berjajar. Ternyata, sampai ke ruang boarding pun kios-kios berderet, sampai-sampai tempat duduk penumpang tak mencukupi.

Kios Bandara Sheremetyevo. Foto: Reni Rohmawati.
Kios Bandara Sheremetyevo. Foto: Reni Rohmawati.

Pada 11 Oktober 2018 siang itu, perjalanan naik kereta dari St Petersburg ke Moskow berlanjut dengan terbang ke Riga di Latvia. Usai check in dan drop bagasi, mulailah penjelajahan di terminal SVO. Rupanya, walaupun check in di terminal D –pada tabel penerbangan tertulis konter D58-D90– ruang boarding-nya di terminal F. Jauh? Ya, waktu tempuhnya 20 menit selepas imigrasi dan security check.

Kami memang ke luar dari Rusia, maka penerbangannya pun internasional. Begitu telitinya petugas imigrasi Rusia memeriksa penumpang dan dokumen. Kita harus kontak mata sampai beberapa detik. Paspor pun diteliti detail, dilihat dengan kaca peneliti.

Peta Bandara Sheremetyevo. Foto: Reni Rohmawati.
Peta Bandara Sheremetyevo. Foto: Reni Rohmawati.

Mulailah perjalanan ke area boarding di gate 48. Di sisi kiri berderet kursi duduk penumpang dengan pemandangan apron yang sibuk dan di kejauhan terlihat pesawat take off pada sekitar pukul 17.00 itu. Pesawat berlogo Aeroflot mendominasi karena SVO memang markasnya maskapai penerbangan berbendera (flag carrier) Rusia ini.

Perjalanan 20 menit tak begitu terasa karena kiri-kanan banyak yang bisa dilihat. Hanya jangan sampai mepet waktu karena bisa-bisa terlambat sampai area boarding. Gate 48 ternyata menyatu dengan gate 47. Kursi yang sedikit itu penuh! Pantas saja banyak penumpang yang duduk agak jauh dari pintu untuk naik ke pesawat, bahkan terpaksa duduk di kafe dengan hanya memesan segelas teh, kopi, atau jus. Terasa padat, tapi mungkin itulah cara pengelola bandara meraup pendapatan non-aeronautika yang besar.

Sampai waktu boarding diumumkan, petugas Aeroflot belum menyilakan naik pesawat karena masih banyak penumpang lewat di lorong yang sama untuk penerbangan lain; supaya tak keliru, saking padatnya. Beberapa menit kemudian barulah penumpang penerbangan SU 2680 tujuan Bandara Internasional Riga (RIX) boarding.

SVO merupakan bandara terbesar di Moskow. Mulai Mei 2018 ada terminal B, terminal yang baru selesai dibangun –terminal D, E, F merupakan terminal lama. Ada fasilitas aviametro di terminal B, menggunakan lift horizontal klasik dengan pintu kaca untuk mencapainya. Aviametro memiliki empat gerbong masing-masing berkapasitas delapan kursi dan 19 orang berdiri. Beroperasi tiap empat menit dengan waktu tempuh empat menit, menghubungkan terminal lama dan baru.




Ayo baca ini juga….