PT Pindad Kejar Versi Ekspor Medium Tank ‘Harimau’




pt pindad
Platform Modern medium tank wight (MMWT) 'Harimau' buatan PT Pindad dan FNSS Savunma Sistemleri di ajang Indo Defence 2018. Foto: Ery.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan versi bakunya, PT Pindad mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengejar peluang untuk memproduksi versi ekspor dari medium tank ‘Harimau’.

Seorang pejabat PT Pindad seperti disebutkan janes.com (Jum’at, 9/11/2018) mengatakan, Bangladesh, Filipina dan Brunei Darussalam telah menyatakan minat mereka untuk membeli tank seberat 35 ton ini. Perwakilan dari ketiga negara pun secara terpisah akan menghadiri demonstrasi medium tank Harimau di Indonesia sebelum akhir November.

Medium tank Harimau merupakan tank yang dikembangkan PT Pindad bersama FNSS Savunma Sistemleri (perusahaan patungan antara Nurol Holding dari Turki dengan Bae System asal Inggris) melalui perjanjian yang ditandatangani tahun 2014. Tank yang mereka kembangkan berbasis platform modern medium tank wight (MMWT) Kaplan MT yang dibuat FNSS.

“Negara-negara (tersebut) mencari tank yang lebih ringan dari MBT (main battle tank). Negara-negara (itu) sedang mencari platform yang dapat dengan mudah diangkut dan digunakan,” kata sumber tersebut.

Seperti kita ketahui, PT Pindad telah menyelesaikan uni coba medium tank Harimau. Kini platform tersebut sedang dalam proses sertifikasi dan diharapkan proses tersebut akan selesai sebelum akhir tahun ini. Kontak untuk produksi massal medium tank diharapkan terlaksana pada tani 2020.

Menurut sumber tersebut, TNI Angkatan Darat (AD) memiliki kebutuhan pengadaan 400 unit medium tank Harimau untuk menggantikan armada tank ringan AMX-13 buatan Perancis.




Ayo baca ini juga….