Wed. May 22nd, 2019

PLN Siap Pasok Listrik Berdaya 90 MVA untuk Kawasan Pelabuhan Patimban

Penandatanganan kesepakatan bersama antara PLN dengan Kementerian Perhubungan untuk penyediaan pasokan listrik di kawasan Pelabuhan Parimban, Senin (13/5/2019) pagi. Sumber gambar: Ditjen Perhubungan Laut.

PLN siap menyediakan pasokan listrik selama lima tahun untuk kawasan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Estimasi kebutuhan daya listrik untuk tahap 1 (fase I.1 dan fase I.2) pada tahun 2019 hingga 2023 di pelabuhan ini sampai dengan 90 MVA.

Penyediaan pasokan listrik ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan kesepakatan bersama antara PLN dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta, Senin (13/5/2019) pagi.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo dan Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin.

Usai penandatanganan Agus mengatakan, Pelabuhan Patimban merupakan Proyek Strategis Nasional yang membutuhkan percepatan dalam pembangunan dan pengoperasiannya, sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan pasokan tenaga listrik.

“Oleh karenanya, perlu dilakukan kerja sama antara Kemenhub dan PLN dalam hal penyediaan pasokan listrik di kawasan Pelabuhan Patimban,” kata Agus.

Agus menyebutkan, pihaknya akan menyediakan prasarana dan fasilitas pendukung tenaga listrik di kawasan Pelabuhan Patimban. Sedangkan PLN yang akan melakukan penyediaan dan pelayanan tenaga listrik di kawasan tersebut.

“Kami berharap dengan ditandatanganinya kesepakatan yang berlaku selama lima tahun ini dapat semakin meningkatkan kerja sama dan sinergi yang baik antara Kemenhub dengan PT. PLN

Dengan penyediaan pasokan listrik ini, Agus berharap dapat memperlancar pelaksanaan pembangunan dan pengoperasian Pelabuhan Patimban.

“Direncanakan (Pelabuhan Patimban) akan soft opening pada Desember 2019 dan akan beroperasi penuh pada tahun 2027,” sebut Agus.

Baca juga ini ya...