Wed. May 22nd, 2019

Pilot Pemula Bisa Jadi Petugas ATC sebagai Solusi Sementara

Assalamualaikum semua …

Persoalan sumber daya manusia (SDM) penerbangan ternyata belum memiliki solusi terbaik. Pilot ab initio yang masih belum bekerja di maskapai penerbangan masih ada lebih dari 700 pilot. Di sisi lain, diakui kalau SDM navigasi penerbangan masih kekurangan dan membutuhkan peningkatan kualitasnya.

Persoalan tersebut memang harus dicari akar permasalahannya sampai dengan pemecahan masalah yang konprehensif. Namun ada usul sebagai solusi sementara dari Konsultan DH Associate & Consultant Eko Djuliardhie. Menurutnya, karena paling tidak lulusan sekolah pilot itu sudah punya aviation knowledge, kenapa tidak diterjunkan sebagai petugas ATC (Air Traffic Control)?

Usul tersebut disambut baik oleh Dirjen Pehubungan Udara Polana B Pramesti dalam suatu diskusi di Jakarta pada akhir April 2019. Saat ini sebagai tahun SDM, sudah saatnya untuk meningkatkan kualitasnya, terutama dari lembaga pendidikanya.

“Terus terang, kita membutuhkan peningkatan kualitas STPI Curug dan sekolah pilot di Banyuwangi, juga ATKP-ATKP yang ada di Medan, Makassar, Surabaya. Namun semua itu harus link and match dengan industrinya,” kata Polana.

Langkah untuk itu rupanya sudah dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara, yang melakukan pemetaan (mapping) antara kebutuhan di industri dengan kebutuhan di pendidikan. Kata Polana, mapping itu memang tidak gampang dan sekarang sedang dievaluasi.

Solusi sementara yang diusulkan Eko boleh juga diimplementasikan dengan memberi tawaran bagi para pilot pemula, termasuk orang tua mereka. Tentu saja diharapkan untuk pendidikannya tidak mengeluarkan biaya besar, bahkan lebih baik kalau gratis.

Hal itu pula yang menjadi harapan teman saya. Teman ini adalah seorang ibu yang salah seorang putranya lulusan sekolah pilot tahun 2014. Sampai sekarang sang putra belum bekerja di maskapai penerbangan.

Kata dia, putranya ingin menjadi pilot pesawat kecil dan terbang di pelosok-pelosok, sebelum kemudian bisa menerbangkan pesawat besar. Namun kesempatannya masih belum ada. Kalau ada kesempatan untuk menjadi petugas ATC pun ingin diambilnya agar dapat tetap berkiprah di dunia penerbangan.

Baca juga ini ya...