Wed. May 22nd, 2019

Perdana di Bandara Internasional Yogyakarta Penerbangan Domestik?

Assalamualaikum semua …

Bukan penerbangan internasional yang pertama operasional di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (kode YIA) di Kulon Progo. Begitu kabar terakhir yang terdengar. Proses untuk memenuhi prosedur penerbangan internasional yang tidak sederhana menjadi alasannya. Sementara waktu sudah menjelang akhir dan tidak bisa ditunggu lagi karena operasional perdana YIA harus April 2019.

Bisa dipahami karena membuka slot untuk bandara baru di bandara di luar negeri tidak mudah. Jadi, kemungkinan besar operasional perdananya adalah penerbangan domestik. Malah mungkin pula pendaratan pertamanya dilakukan oleh pesawat Kepresidenan yang menerbangkan Presiden Joko Widodo, seperti di Bandara Internasional Kertajati (KJT) pada 24 Mei 2018.

Padahal penyelesaian pembangunan terminal penumpang itu untuk penerbangan internasional. Ditegaskan pula oleh Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) bahwa penyelesaian pembangunan itu sesuai dengan Peraturan Presiden.

Sewaktu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau YIA pada Rabu (24/4/2019), ia mengatakan, tak lama lagi YIA akan beroperasi melayani penerbangan internasional dan sebagian penerbangan domestik. Dia pun berharap dalam minggu-minggu ini Presiden Jokowi dapat mendarat di YIA.

Garuda Indonesia sudah diminta untuk terbang perdana ke YIA. Namun sampai saat ini (25/4/2019) belum ada jawaban positif. Bagaimana dengan maskapai Lion Air Group, yang biasanya dapat instruksi untuk menerbangi bandara baru?

Foto: AP I

Baca juga ini ya...