Horeee… Kini Ada Penerbangan Berjadwal ke Karimun Jawa




Penerbangan ke Karimun Jawa oleh Wings Air. Foto: Dok. Humas DJPU.
Penerbangan ke Karimun Jawa oleh Wings Air. Foto: Dok. Humas DJPU.

Ditjen Perhubungan Udara mendorong maskapai untuk terbangi rute-rute menuju ke tempat wisata dan menggantikan penerbangan perintis ataupun penerbangan carter. Hal ini diungkapkan Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni saat meresmikan penerbangan perdana Wings Air Semarang-Karimunjawa PP, Jumat (12/10).

“Kami melakukan evaluasi pada rute-rute penerbangan perintis yang ada, dan bila pertumbuhan penumpangnya meningkat, kami dorong agar maskapai dapat menerbangi rute tersebut. Untuk itu saya sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Wings Air yang mulai hari ini menerbangi rute Semarang-Karimunjawa. Semoga penerbangan ini akan terus eksis dan semakin berkembang seiring dengan bertumbuhnya angka kunjungan wisatawan yang datang ke Karimunjawa,” ungkap Kristi.

Penerbangan Semarang-Karimunjawa oleh Wings Air berlangsung satu kali per hari menggunakan pesawat jenis ATR 72 berkapasitas 72 kursi. Sebelumnya, penerbangan ke Karimunjawa ini dilayani oleh penerbangan perintis rute Surabaya-Karimunjawa pp. dan penerbangan carter Semarang-Karimunjawa pp. dengan menggunakan pesawat Twin Otter berkapasitas 13 kursi.

Sementara itu saat menerima kedatangan pesawat komersial di Bandara Dewadaru, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru Karimunjawa, Dodi Dharma Cahyadi mengungkapkan bahwa sesuai dengan Masterplan, Ditjen Perhubungan Udara akan meningkatkan kapasitas Bandara Dewadaru untuk mengantisipasi kenaikan traffic dan jumlah penumpang karena adanya penerbangan komersial ini.

“Saat ini Bandara Dewadaru memiliki landasan pacu 1.200 m X 30 m, appron 4.550 m2 dan RESA 2x 60m x 90m, terminal penumpang seluas 120 m2 dan lapangan parkir kendaraan seluas 600 m2,” ungkap Dodi.




Ayo baca ini juga….