Penerapan Ganjil-Genap dan Pembatasan Angkutan Barang Diperpanjang




ganjil-genap
Penerapan peraturan ganjil-genap di pintu tol Bekasi Barat 1. Foto: Okezone.

Kemacetan semakin meningkat di ruas tol Jakarta -Cikampek (Japek), sebagai dampak dari proyek pembangunan jalur kereta cepat Jakarta Bandung dan LRT Jabodebek di ruas tol Japek. Salah satu langkah kebijakan pemerintah untuk mereduksi kemacetan dengan memperpanjang penerapan ganjil-genap dan pembatasan angkutan barang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Rabu (20/11/2018) lalu mengatakan, Proyek Strategis Nasional (PSN) di lintas Tol Jakarta – Cikampek seperti pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek, Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT Jabodebek berdampak pada meningkatnya kemacetan lalu-lintas di jalan tol tersebut, khususnya di kilometer 11-17 yang merupakan titik terpadat kemacetan.

Untuk itu, ia mengusulkan penerapan ganjil-genap dan pembatasan angkutan barang diberlakukan lebih panjang, yang semula dari pukul 06.00-09.00 WIB, menjadi pukul 05.00-10.00 WIB. Penerapan ini akan diberkalukan di sejumlah gerbang tol arah Jakarta agar lebih berdampak pada kelancaran lalu lintas di tol Japek.

Terkait kebijakan ganjil-genap, Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Hindro Surahmat menjelaskan, pihaknya tengah melakukan sosialisasi pemberlakuan ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Tambun hingga akhir November, sebelum sepenuhnya diberlakukan.

Hindro mengatakan, BPTJ menyiapkan sejumlah angkutan massal berupa bus premium, sebagai transportasi pilihan selain kendaraan pribadi bagi masyarakat yang ingin menuju ke arah Jakarta.

Kebijakan ini sejalan dengan tiga paket kebijakan yang telah berlaku sebelumnya di GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur sejak Maret 2018 lalu, yaitu kebijakan ganjil-genap di pintu tol, pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V, serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin-Jum’at pukul 06.00 – 09.00 WIB kecuali hari libur nasional.

Selain penerapan ganjil-genap dan pembatasan angkutan barang, upaya lain yang akan dilakukan dengan menindak tegas kendaraan truk yang over dimensi dan over loading (ODOL).




Ayo baca ini juga….